Tahun depan pembatasan kecepatan berdasarkan kelas jalan. MI
Tahun depan pembatasan kecepatan berdasarkan kelas jalan. MI

Pembatasan Kecepatan Bakal Berdasarkan Kelas Jalan

Otomotif keselamatan lalu lintas
M. Bagus Rachmanto • 04 Desember 2015 14:46
medcom.id, Jakarta:Tingkat kecelakaan yang tinggi, masih cukup tinggi. Menurut Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, angkanya masih mencapai 30.000 kasus per-tahunnya di Indonesia.
 
Hal ini diungkapkan oleh Ignasius saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, 3 Desember, kemarin. Atas pertimbangan tersebut, pemerintah berniat membuat peraturan tentang pembatasan kecepatan berdasarkan kelas jalan.
 
Menurutnya, Undang-undang Republik Indonesia N0 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang ada sekarang hanya mengatur dan mengklasifikasikan kelas jalan. Belum ada pembatasan kecepatan berdasarkan kelas jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya sudah sampaikan Peraturan Menteri atas rekomendasi Kapolri untuk membatasi kecepatan setiap kelas jalan,”
kata Jonan.
 
Jonan menjelaskan, untuk meningkatkan keselamatan berkendara, pihaknya telah sepakat dengan Korlantas untuk kampanya. Kemudian sekaligus menghimbau, tentang alat-alat kelengkapan transportasi, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi dan angkutan umum.
 
Dirinya berharap, tahun depan pembatasan kecepatan berdasarkan kelas jalan sudah bisa diterapkan, dan dimulai dari daerah-daerah.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif