New Datsun Go+ Panca di rakit di Purwakarta Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja
New Datsun Go+ Panca di rakit di Purwakarta Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mobil Baru

New Go+ Panca Tak Dibekali CVT, Ini Alasan Datsun

Ekawan Raharja • 09 Mei 2018 12:11
Jakarta: Datsun Indonesia akhirnya membekali teknologi Continously Variable Transmission (CVT) untuk New Go. Sayangnya teknologi transmisi otomatis ini tidak dibenamkan di New Go+ Panca.
 
Ada beberapa alasan mengapa multi purpose vehicle (MPV) low cost green car (LCGC) ini tidak dibekali dengan CVT, berbeda dengan saudaranya yang mendapatkan teknologi Nissan tersebut. Hal ini terkait dengan segmentasi produk yang dimiliki oleh keduanya.
 
Segmentasi keduanya berbeda karena New GO diperuntukkan bagi generasi muda yang ingin berkendara dengan nyaman di tengah kondisi jalan yang sibuk serta menikmati kebebasan mobilitas secara personal. Sedangkan untuk New Go+ menyasar mobil keluarga yang membutuhkan keserbagunaan ruang interior yang luas serta kenyamanan ketika bepergian.
New Go+ Panca Tak Dibekali CVT, Ini Alasan Datsun
"Kami melihat kebutuhan konsumen dan melihat lini produk yang kami miliki," terang Head of Datsun Indonesia, Masato Nakamura, di Empirica Jakarta.

Head of Marketing Datsun Business Unit, Christian Abraham Gandawinata, lebih lanjut menjelaskan konsumen yang lebih anak muda mengingankan transmisi otomatis ini, sedangkan untuk konsumen lebih kepada ruang yang lega selama bepergian.
 
"Mereka (konsumen New Go) inginkan mobil yang lebih personal dan menyenagkan dikendarai. Makanya kita siapkan pakai transmisi manual dan CVT. Kalau Konsumen New Go+ masih lebih fokus transmisi manual."
New Go+ Panca Tak Dibekali CVT, Ini Alasan Datsun
Selain dari sudut pandang konsumen, ada juga dari sudut pandang lini produk. Mengingat sebelumnya Datsun Indonesia sudah memiliki Datsun Cross sebagai flagship yang dibekali dengan teknologi CVT dan juga mampu memuat tujuh orang penumpang.
 
"Kami memberikan pilihan kepada konsumen, jika inginkan spesifikasi yang lengkap maka bisa memilih Cross. Kalau transmisi manual saja cukup dan lebih kepada ruang yang luas bisa memilih Go+ Panca."
 
Jantung pacu New Go dan New Go+ Panca masih menggunakan mesin yang lama. Mesin 1.200 cc tiga silinder 68 ps untuk transmisi manual dan 78 ps untuk transmisi CVT, serta torsi 104 nm.
 
Baik New Go dan New Go+ Panca sudah bisa di pesan di dealer-dealer resmi mereka per 8 Mei 2018. New Go dibanderol dengan harga mulai dari Rp102,990 juta hingga Rp142,190 juta, kemudian New Go+ Panca dibanderol Rp112,380 juta sampai Rp133,990 juta.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan