Industri Otomotif

Pelumas ExxonMobil Bidik Segmen Heavy Duty Truk

M. Bagus Rachmanto 13 September 2018 06:37 WIB
industri otomotif
Pelumas ExxonMobil Bidik Segmen Heavy Duty Truk
Mobil Delvac 1 EP 5W-30 dibuat dengan mengambil bahan dasar sintesis. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: ExxonMobil Lubricants memperkenalkan produk terbaru mereka, yakni Mobil Delvac 1 EP 5W-30. Pelumas ini didesain khusus untuk mobil/kendaraan niaga kelas truk berat/heavy duty truck bermesin diesel.

Anak perusahaan ExxonMobil melihat bahwa pasar di Indonesia menjanjikan. Terlebih mereka melihat masih sedikit yang melirik produk pelumas yang dikhususkan untuk kendaraan niaga heavy duty truck. 

Commercial Sales General Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia, Alfin Kurniadi menjelaskan, pelumas jenis ini lebih ditujukan kepada kendaraan dengan teknologi mesin diesel terbaru, dan memiliki kompatibilitas yang sangat baik terhadap biofuel. 


"Biasanya pelumas hanya menjadi bagian kecil dari total keseluruhan anggaran perusahaan. Bahkan sebagian besar operator tidak menganggap bahwa pelumas memegang peranan penting untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Alfin di acara peluncuran di Jakarta, Rabu 12 September 2018.

Alfin mengklaim, Mobil Delvac 1 EP 5W-30 mampu memberikan beragam keuntungan tanpa mengurangi faktor perlindungan mesin, dan telah memenuhi spesifikasi API CK-4 dan API FA-4. Kata Alfin, pelumasnya juga sejalan dengan penerapan Peraturan Presiden (Perpres) No.66/2018 terkait dengan penggunaan campuran 20 persen bahan bakar biodiesel (B20).

Mobil Delvac 1 EP 5W-30 dibuat dengan mengambil bahan dasar sintesis, ditujukan untuk melindungi panas di dalam mesin, melindungi keausan komponen mesin, memperpanjang interval penggantian pelumas hingga 160.000 km, serta lebih hemat hingga 2,6 persen jika dibandingkan dengan pelumas konvensional berbasis mineral.

Meski ditujukan untuk kelas heavy duty truck, pelumas ini bisa digunakan pada mesin diesel lainnya. Artinya pelumas ini juga cocok bagi mesin sering yang digunakan untuk bekerja keras dan tidak bergerak/stasioner, seperti genset.

"Dalam waktu dekat, sekitar Oktober 2018 pelumas ini akan ada di seluruh Indonesia melaui distributor resmi kami, harga dikisaran Rp100 ribu per liter" tutup Alfin.

Memang tidak banyak yang bermain di segmen pelumas untuk mobil truk. Namun Castrol dengan CRB hingga produsen pelumas yang dibuat sendiri oleh pabrikan seperti MAK Tata Motors Genuine Oil, tentu akan jadi pilihan tersendiri konsumen yang terbiasa menggunakannya atau mereka pengguna produk yang sama dengan produsen olinya. Di sinilah Mobil Delvac 1 butuh strategi cerdas untuk merebut pasar.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id