Hino sudah melakukan uji coba mesin Solar B30 sejak 2018. Hino
Hino sudah melakukan uji coba mesin Solar B30 sejak 2018. Hino

Teknologi Otomotif

Kesiapan Industri Otomotif dalam Implementasi Solar B30

Otomotif teknologi otomotif hino Solar
M. Bagus Rachmanto • 23 Januari 2020 16:25
Jakarta: Program Mandatori B30 diimplementasikan secara serentak di seluruh Indonesia mulai 1 Januari 2020. Solar B30 merupakan pengembangan dari Solar B20 yang sebelumnya sudah disebarkan di berbagai stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) di seluruh Indonesia.
 
Implementasi ini sejalan dengan amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2015. Menanggapi rencana tersebut, industri otomotif dan para produsen kendaraan, khususnya yang menggunakan mesin diesel mengaku siap menjalankan mandat yang ada.
 
Kesiapan ini ditunjukan oleh Hino Indonesia. Direktur Penjualan dan Promosi Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo mengungkapkan semua jenis truk Hino siap mengkonsumsi B30.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan pengunaan bahan bakar B30, diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan yang lebih rutin, ini dibutuhkan untuk mencegah atau meminimalisir penyumbatan filter sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan," kata Santiko di Jakarta, Jumat (23/1/2020).
 
Santiko menambahkan, konsumen perlu mengikuti petunjuk perawatan berkala khususnya mengenai interval penggantian filter bahan bakar.
 
Bahkan untuk menghadapi hal ini, merek sasis bus dan truk asal Jepang ini sudah melakukan pengetesan mesin dan uji jalan atau road test untuk penerapan B30.
 
Lebih jauh Santiko menjelaskan, ada sedikit perubahan yang dilakukan pada truk produksi 2020. Perubahan tersevut meliputi perubahan pada tangki kendaraan, saluran selang solar dan termasuk filter yang juga diubah. Sementara itu, untuk truk produksi di bawah 2020 akan disediakan sparepart demi mengakomodir implementasi B30.
 
"Hino sudah sampai di tahap akhir pengembangan untuk menyiapkan Retrofit kendaraan Hino yang saat ini beroperasi atau produksi VIN dibawah tahun 2020. Retrovit ini pilihan digunakan untuk kendaraan Hino baik itu mekanikal maupun bermesin common rail yang terdiri dari Fuel Filter yang lebih besar, serta sender, tank, piping dan hose yang memiliki material yang lebih tahan untuk pengunaan bahan bakar B30," pungkas Santiko.
 
Kesiapan serupa ditunjukkan oleh mereka-mereka lain seperti Isuzu, Tata Motors, dan Mitsubishi Fuso. Mengingat sebentar lagi solar berstandar emisi gas Euro 4 akan berlaku dengan spesifikasi Solar B30.

 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif