medcom.id: BMW i8 merupakan salah satu produk BMW yang sukses menarik perhatian masyarakat dunia. Mobil sedan dua pintu ini jadi primadona karena hadir dengan gaya yang futuristik dan ramah lingkungan.
Media otomotif asal Amerika Serikat, Car and Driver diberi kesempatan istimewa untuk menjajal i8. Menurut mereka, i8 mirip DeLorean DMC-12.
Kemiripan bisa dilihat dari desain mobil bergaya sedan coupe berkonfigurasi penumpang 2+2, penggunaan pintu kombinasi antara gull-wing dan cutting, serta pengisian tenaga listrik.
Kesan futuristik tercemin di detail body mobil. Kombinasi bahan aluminum, plastik, dan serat karbon tidak mudah. Namun BMW berhasil menggabungkan ketiga elemen tersebut dan membuatnya bekerja dengan baik.
Kehebatan lainnya adalah tidak terasa getaran atau bunyi saat proses pembakaran awal ketika mesin dinyalakan. Mesin 1.500 cc turbocharger dan intercooler DOHC berdaya 228 daya kuda (dk) dan torsi 319 Nm, dikawinkan dengan AC permanent-magnet synchronous electric motor bertenaga 129 dk dan torsi 249 Nm.
Menurut Car and Driver, kesan awal yang didapat ketika pertama menginjak pedal kanan adalah tenaga berkumpul cukup lama. Namun, ketika semua tenaga sudah terkumpul dan menyatu, tenaganya sangat baik dan terasa padat.
Tercatat, i8 dapat berakselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) dalam tempo 3,8 detik. Sedangkan saat-saat ternikmat dari mengendarai i8 adalah menahan rpm di 6.000 rpm dan membiarkan mobil ini melaju 249 kpj.
Mobil ini terasa menyenangkan ketika digunakan oleh dua orang. Tenaga yang disalurkan oleh sumber dapat dihantarkan dengan baik. Selain itu, tenaga listrik yang digunakan cukup bertenaga sehingga memudahkan untuk dikendalikan dan tidak membuat banyak body-motion saat menikung.
Rasa nyaman ini bisa didapat dari penggunaan sasis berbahan serat karbon. Dengan begitu setiap struktur dari mobil ini sangat membantu handling, suspensi, dan transmisi. Hal ini didukung oleh penggunaan suspensi multilink di depan dengan ban Bridgestone Potenza S001 215/45R-20, dan suspensi five-link di bagian belakang dan ban berukuran 245/40R-20. Makin ciamik karena kontrol dari ECU di bagian damper dapat meredam getaran yang berlebihan.
i8 sudah diperkenalkan dan mulai dijual di Indonesia sejak GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil ramah lingkungan ini dibanderol Rp3,499 miliar (off the road) dan dihantarkan kepada pemiliknya pada awal 2017.
medcom.id: BMW i8 merupakan salah satu produk BMW yang sukses menarik perhatian masyarakat dunia. Mobil sedan dua pintu ini jadi primadona karena hadir dengan gaya yang futuristik dan ramah lingkungan.
Media otomotif asal Amerika Serikat,
Car and Driver diberi kesempatan istimewa untuk menjajal i8. Menurut mereka, i8 mirip DeLorean DMC-12.

Kemiripan bisa dilihat dari desain mobil bergaya sedan
coupe berkonfigurasi penumpang 2+2, penggunaan pintu kombinasi antara
gull-wing dan
cutting, serta pengisian tenaga listrik.
Kesan futuristik tercemin di detail
body mobil. Kombinasi bahan aluminum, plastik, dan serat karbon tidak mudah. Namun BMW berhasil menggabungkan ketiga elemen tersebut dan membuatnya bekerja dengan baik.

Kehebatan lainnya adalah tidak terasa getaran atau bunyi saat proses pembakaran awal ketika mesin dinyalakan. Mesin 1.500 cc
turbocharger dan
intercooler DOHC berdaya 228 daya kuda (dk) dan torsi 319 Nm, dikawinkan dengan AC
permanent-magnet synchronous electric motor bertenaga 129 dk dan torsi 249 Nm.
.jpg)
Menurut
Car and Driver, kesan awal yang didapat ketika pertama menginjak pedal kanan adalah tenaga berkumpul cukup lama. Namun, ketika semua tenaga sudah terkumpul dan menyatu, tenaganya sangat baik dan terasa padat.
Tercatat, i8 dapat berakselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) dalam tempo 3,8 detik. Sedangkan saat-saat ternikmat dari mengendarai i8 adalah menahan rpm di 6.000 rpm dan membiarkan mobil ini melaju 249 kpj.

Mobil ini terasa menyenangkan ketika digunakan oleh dua orang. Tenaga yang disalurkan oleh sumber dapat dihantarkan dengan baik. Selain itu, tenaga listrik yang digunakan cukup bertenaga sehingga memudahkan untuk dikendalikan dan tidak membuat banyak
body-motion saat menikung.

Rasa nyaman ini bisa didapat dari penggunaan sasis berbahan serat karbon. Dengan begitu setiap struktur dari mobil ini sangat membantu
handling, suspensi, dan transmisi. Hal ini didukung oleh penggunaan suspensi
multilink di depan dengan ban Bridgestone Potenza S001 215/45R-20, dan suspensi
five-link di bagian belakang dan ban berukuran 245/40R-20. Makin ciamik karena kontrol dari ECU di bagian damper dapat meredam getaran yang berlebihan.
i8 sudah diperkenalkan dan mulai dijual di Indonesia sejak GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil ramah lingkungan ini dibanderol Rp3,499 miliar (off the road) dan dihantarkan kepada pemiliknya pada awal 2017.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HIL)