Ilustrasi SPKLU di Bali. PLN
Ilustrasi SPKLU di Bali. PLN

SPKLU

Sekarang, Indonesia Sudah Punya 413 SPKLU

Ekawan Raharja • 29 November 2022 16:00
Jakarta: Pemerintah terus mendorong pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai lokasi demi mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik. PLN menyebutkan sampai ada ini sudah ada 413 unit SPKLU yang sudah dibangun.
 
Secara keseluruhan, SPKLU ini tersebar di 295 lokasi. PLN merinci 224 unit SPKLU diantaranya, atau 54 persen SPKLU yang ada, merupakan hasil pengembangan mereka dan tersebar di 135 lokasi.
 
Perusahaan pelat merah tersebut juga melakukan digitalisasi penyedia layanan kendaraan listrik melalui fitur EV dan marketplace di PLN Mobile.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


General Manager PLN Pusdiklat, Rio Adrianto, menjelaskan semua pihak harus berkolaborasi bersama untuk bisa mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik. “Tentunya, kami juga mendorong pemerintah dalam pemberian insentif (untuk mengoptimalkan kendaraan listrik) dan ini sedang dibahas untuk mencapai ekosistem tersebut,” ujarnya.
 
Ia menambahkan selama ini adaptasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia terbilang cukup baik. Terlebih di Bali beberapa waktu lalu di mana beragam kendaraan listrik hadir saat KTT G20.
 
“Untuk sekarang penggunaan kendaraan listrik paling tinggi di Jakarta karena fasilitas charging-nya kan mayoritas ada di Jakarta. Mungkin yang berikutnya Bali yang akan punya ekosistem yang baik,” katanya.
 
Berdasarkan International Energy Agency, setidaknya 20 persen kendaraan di ASEAN sudah menggunakan kendaraan listrik pada 2025 mendatang. Melihat potensi ini, ada ruang pertumbuhan yang lebih besar, mengingat total populasi kawasan lebih dari 680 juta orang merupakan kelas menengah.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif