Ilustrasi. Pertamina
Ilustrasi. Pertamina

Mobil Baru

Hyundai Stargazer Tidak "Alergi" Pertalite

Ekawan Raharja • 02 September 2022 09:00
Batu: Hyundai Stargazer merupakan mobil baru di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia. Meski sudah mengusung mesin modern, namun mobil ini tidak alergi dengan pertalite.
 
Di balik kap depan mobil keluarga ini terbaring mesin 1.497 cc 4-silinder MPI yang dapat melontarkan tenaga 113 hp dan torsi 144 Nm. Mesin ini memiliki rasio kompresi 10,5:1 sehingga minimal oktan bahan bakar yang sesuai 91.
 
Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, Menekankan bahwa mobil ini sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 91. Sedangkan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia ada di RON 91, di mana itu adalah Pertamax.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau untuk mengejar performanya, sekarang kita lihat mobil-mobil kita ini kompresinya juga tinggi. Jadi itu butuh oktan yang tinggi juga," terang Makmur di Batu Jawa Timur.
 
Meski demikian, dia juga menyebutkan bahwa konsumen bisa menegak BBM dengan RON 90 alias Pertalite. Dia menilai hal ini hak konsumen dan tidak bisa melarangnya.
 
Pertanyaannya boleh nggak (Stargazer) minum Pertalite? Boleh. Kita tidak bisa melarang konsumen pada saat ingin memakai Pertalite," sambung Makmur.
 
Makmur juga menekankan bahwa garansi Stargazer yang menggunakan Pertalite tidak serta merta hangus. "Warranty gugur? Tidak. Jadi ini clear, tidak ada masalah, yang penting bahan bakar tanpa timbal."
 
"Tapi seperti saya katakan, kalau kita menggunakan kendaraan, kita harus mendapatkan kesenangan berkendara. Maka kami rekomendasikan gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi dari pabrikan," tegas Makmur.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif