Industri Otomotif

Intip Pusat Riset dan Pengembangan Daihatsu di Indonesia

Ekawan Raharja 21 November 2018 15:49 WIB
industri otomotifdaihatsu
Intip Pusat Riset dan Pengembangan Daihatsu di Indonesia
Ada sejumlah tugas yang diemban RnD Center Daihatsu Indonesia. Doc MI
Jakarta: Daihatsu Indonesia merupakan salah satu pabrikan yang memiliki fasilitas Research and Development (R&D) cukup lengkap. Di sini mereka merumuskan desain awal sebuah mobil hingga akhirnya melakukan uji coba.

Head Corporate Planning & Communication Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman, menjelaskan RnD Center Daihatsu Indonesia cukup lengkap. Lokasinya terletak di Karawang Timur, Jawa Barat, dan menjadi RnD terlengkap di Indonesia.

"RnD di Indonesia memiliki tiga fasilitas yakni design building, engineering building, hingga area pengetesan," ujar Rudy Rabu (21/11/2018) di FX Sudirman Jakarta.

Di design building, Daihatsu mulai merancang desain dan juga bentuk mobil yang akan di produksi. Di sini juga rancang bangun mobil, sasis, dan lekukan body dipersiapkan.


Selanjutnya engineering building terkait dengan komponen yang akan disematkan di mobil. Bahkan untuk perbaikan dan improvisasi untuk selanjutnya juga dijalankan di bagian ini.

Sedangkan area pengetesan bertanggung jawab untuk pengetesan mobil di berbagai model jalan. Daihatsu sudah menyiapkan 24 jenis jalan yang mewakili jalanan di Indonesia.

"Saat pengetesan kita rekam secara digital. Nanti kita simulasikan dengan mobilnya dan efeknya seperti apa," lanjut Rudy.

Hasilnya, Agya dan Ayla merupakan hasil dari RnD Daihatsu Indonesia. Tidak menutup kemungkinan selanjutnya akan muncul mobil-mobil baru yang dikerjakan oleh pusat penelitian milik Daihatsu tersebut.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id