Jakarta - Jika memperhatikan mobil balap, rata-rata ukuran profil bannya lebih lebar dari ukuran profil lebar ban untuk mobil biasa. Bahkan untuk mobil dengan kategori performa tinggi, pun dibekali dengan ban ukuran yang berbeda dari versi ban non performa tinggi.
Lalu mengapa itu dilakukan? Ternyata ada beberapa alasan penting yang mendasari hal tersebut. Di antaranya adalah karena memberikan traksi yang lebih baik dan cengkeraman yang kuat pada permukaan jalan.
Ini memungkinkan mobil untuk melaju lebih cepat dan lebih stabil saat menikung, terutama pada kecepatan tinggi. Ban lebar memiliki area kontak yang lebih besar dengan jalan, sehingga menciptakan gesekan yang lebih kuat antara ban dan permukaan jalan.
Ini meningkatkan traksi, yang penting untuk akselerasi, menikung, dan pengereman. Lalu faktor pendukung berikutnya adalah cengkeraman yang kuat memungkinkan mobil untuk tetap menempel pada jalan. Terutama saat menikung dengan kecepatan tinggi.
Ban lebar membantu mengurangi risiko kehilangan kendali atau tergelincir. Kemudian ban yang lebih besar dan lebar juga cenderung lebih tahan terhadap kerusakan. Terutama saat menghadapi jalan yang rusak atau medan yang tidak rata.
Secara keseluruhan, ban lebar meningkatkan performa mobil balap, baik dalam hal kecepatan, stabilitas, dan kemampuan manuver. Jadi penggunaan ban dengan profil yang lebih lebar, tentu untuk mengejar fungsional dari ban itu sendiri.
Jakarta - Jika memperhatikan
mobil balap, rata-rata
ukuran profil bannya lebih lebar dari ukuran profil lebar ban untuk
mobil biasa. Bahkan untuk mobil dengan kategori performa tinggi, pun dibekali dengan ban ukuran yang berbeda dari versi ban non performa tinggi.
Lalu mengapa itu dilakukan? Ternyata ada beberapa alasan penting yang mendasari hal tersebut. Di antaranya adalah karena memberikan traksi yang lebih baik dan cengkeraman yang kuat pada permukaan jalan.
Ini memungkinkan mobil untuk melaju lebih cepat dan lebih stabil saat menikung, terutama pada kecepatan tinggi. Ban lebar memiliki area kontak yang lebih besar dengan jalan, sehingga menciptakan gesekan yang lebih kuat antara ban dan permukaan jalan.
Ini meningkatkan traksi, yang penting untuk akselerasi, menikung, dan pengereman. Lalu faktor pendukung berikutnya adalah cengkeraman yang kuat memungkinkan mobil untuk tetap menempel pada jalan. Terutama saat menikung dengan kecepatan tinggi.
Ban lebar membantu mengurangi risiko kehilangan kendali atau tergelincir. Kemudian ban yang lebih besar dan lebar juga cenderung lebih tahan terhadap kerusakan. Terutama saat menghadapi jalan yang rusak atau medan yang tidak rata.
Secara keseluruhan, ban lebar meningkatkan performa mobil balap, baik dalam hal kecepatan, stabilitas, dan kemampuan manuver. Jadi penggunaan ban dengan profil yang lebih lebar, tentu untuk mengejar fungsional dari ban itu sendiri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)