Daihatsu Terios, salah satu model yang terkena program recall. (dok. medcom)
Daihatsu Terios, salah satu model yang terkena program recall. (dok. medcom)

Recall Bentuk Tanggung Jawab, Daihatsu: Sebenarnya Minim Komplain

Otomotif daihatsu komponen otomotif recall mobil
Adri Prima • 18 Maret 2021 21:30
Jakarta: Daihatsu Indonesia menggelar program recall untuk tiga model yang mereka pasarkan di Indonesia yakni Daihatsu Terios, Xenia, dan Sirion. Recall tersebut dikarenakan adanya kerusakan di komponen impeller yang ada di fuel pump. 
 
Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut bahwa unit-unit tersebut dikenal tangguh dan cocok untuk mudik serta kuat melibas segala kondisi medan. 
 
Bambang menceritakan awal kenapa Daihatsu akhirnya meluncurkan program recall. "Di semester pertama 2019 kita ada 24 pelanggan yang mengeluh mesinnya mati atau tersendat. Dari hasil keluhan itu didapati berasal komponen fuel pump. Fuel pump itu didalamnya ada impeller, nah impeller ini yang bermasalah," terang Bambang saat konferensi pers virtual, Kamis 18 Maret 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Impeller yang sekarang mengembang dan melebihi batas toleransi sehingga menyebabkan bahan bakar tidak mengalir ke ruang bakar dengan baik. Hal ini membuat mesin mobil bisa mati, tenaga mobil berkurang, dan mesin mobil sulit dihidupkan," sambungnya. 
 
Meski demikian, sejauh ini para konsumen yang komplain ke bengkel resmi Daihatsu terbilang sangat minim. "Sejauh ini masih sedikit konsumen yang mengeluh, tapi kami berharap konsumen lebih cepat datang mengganti komponen," terang Bambang.
 
Hal senada juga disampaikan Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra. Amel membenarkan kalau sangat sedikit konsumen komplain ke Daihatsu.
 
"Kita lakukan recall padahal komplainnya kecil. Pada dasarnya nggak ada recall pun nggak banyak komplain. Walau begitu unit itu ada yang standar dan nggak standar, semua akan diganti dengan fuel pump baru," ujar Amel. 
 
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, tiga model Daihatsu yang terkena program recall antara lain Daihatsu Xenia, Terios dan Sirion. Rinciannya yaitu New Xenia rentang produksi Oktober 2017 - Juni 2019 sebanyak 53.246 unit. All New Terios produksi Desember 2017 - Juni 2019 sebanyak 41.152 unit, serta All New Sirion produksi Januari 2018 - Setpember 2019 sebanyak 2.892 unit. Sehingga total ada 97.290 unit kendaraan. 
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif