Memanfaatkan ban bekas untuk dijadikan sepatu baru. Beston (Henan) Machinery Co., Ltd.
Memanfaatkan ban bekas untuk dijadikan sepatu baru. Beston (Henan) Machinery Co., Ltd.

Industri Otomotif

Mendaur Ulang Ban Bekas Menjadi Sepatu

Ekawan Raharja • 08 Juni 2020 08:54
Jakarta: Ban merupakan salah satu barang yang sulit untuk dihancurkan dan bisa menjadi limbah apabila tidak ditangani dengan baik. Beberapa pihak berupaya memanfaatkan ban bekas untuk diubah menjadi benda lainnya agar bisa didaur ulang dan memberikan manfaat, salah satunya diubah menjadi sepatu.
 
Bridgestone Indonesia bekerja sama dengan Soles4Soils Asia mengumumkan kerjasama mereka selama 2 tahun (2020-2022) untuk membuat sepatu baru dari ban bekas. Tujuannya adalah untuk mengubah 40 ribu ban bekas menjadi 400 ribu pasang sepatu pada akhir tahun 2022, dengan mengubah ban-ban yang sudah tidak terpakai dan menjadikannya agar lebih bermanfaat.
 
Keduanya akan bekerja dengan mitra yang sudah ditunjuk untuk memproduksi sepatu yang akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia dan dijual melalui berbagai outlet. Kerjasama ini diumumkan bertepatan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2020, sebagai pengingat bagi dunia untuk mengatasi masalah lingkungan lingkungan hidup yang mendesak dan bekerja bersama untuk menuju masyarakat yang sejahtera.
 
Kerjasama ini akan memberikan ban-ban bekas tersebut sebagai sol untuk sepatu, membantu mendorong ke arah ekonomi berkelanjutan dengan menghilangkan limbah melalui pemanfaatan sumber daya secara berkesinambungan. Selain itu, produsen ban kenamaan asal Jepang ini turut menyumbangkan uang sebesar USD 60 ribu untuk membantu Soles4Souls Asia dalam upaya global mereka memperluas proyek ini.
 
“Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, kami senang dapat mengumumkan kolaborasi kami dengan Soles4Souls Asia yang lahir dari visi yang sama untuk memajukan masyarakat yang ramah lingkungan dengan mendukung ekonomi berkelanjutan. Suatu nilai yang didasari komitmen CSR Global Bridgestone, Our Way to Serve. Kami berharap inisiatif ini dapat berkontribusi dalam mengurangi limbah ban dan jejak karbon kami, sambil membantu masyarakat yang membutuhkan”, kata Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno, melalui keterangan resminya.
 
Untuk memulai kemitraan ini, keduanya akan bekerja dengan Indosole, sebuah merek sepatu dan perusahaan bersertifikat B, yang akan memproduksi sepatu di pabrik mereka di Indonesia dan menjualnya di toko-toko di seluruh dunia dan secara online. Untuk setiap pasang sepatu yang dijual, sebagian hasilnya akan disumbangkan kembali ke Soles4Souls Asia untuk memajukan upaya mendistribusikan sepatu baru kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh Asia.
 
“Sejak awal kerjasama ini, Bridgestone Indonesia telah berkomitmen untuk menemukan cara yang berkelanjutan untuk menggunakan produk mereka dan dapat melakukan yang terbaik dengan produk-produknya. Kami sangat beruntung bisa bekerja sama yang sama-sama memiliki cita-cita untuk membantu lingkungan dan menjadi mitra yang sepemikiran untuk membuat dan menempatkan sepatu di kaki orang-orang yang paling membutuhkannya," Presiden dan CEO Soles4Souls Asia, Buddy Teaster.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif