Mobil balap klasik Aston Martin DBR1 bernomor mesin RB6/300/3 punya nilai historis tinggi. Carscoops
Mobil balap klasik Aston Martin DBR1 bernomor mesin RB6/300/3 punya nilai historis tinggi. Carscoops

Mobil Klasik

Mobil Balap Klasik Aston Martin DBR1 Bakal Incaran Kolektor

Otomotif mobil klasik aston martin
M. Bagus Rachmanto • 10 Februari 2020 10:25
Inggris: Bicara tentang mobil klasik memang tidak ada matinya, Aston Martin DBR1 ini salah satu contohnya. Meski di usia yang tak lagi muda, mobil sport klasik yang tenar dengan performanya di ajang balapan pada masa itu, hingga saat ini masih diidolakan para pecinta otomotif.
 
Usut punya usut, ternyata Aston Martin DBR1 yang satu ini punya nilai historis tinggi. Mobil yang terlahir dengan DNA balap itu adalah pemenang dalam ajang balap 1.000 km Nurburging pada 1959.
 
Dalam ajang itu, Aston Martin DBR1/300 memimpin dengan catatan waktu 7 jam 33 menit 18,44 detik yang dikemudikan Stirling Moss dan Jack Fairman. Keduanya menjuarai ajang itu dan mengangkat Aston Martin menduduki peringkat ke-3 di F.I.A World Sport Car Championship.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini dengan umurnya yang sudah renta, mobil sport klasik ini dipastikan bakal jadi incaran para kolektor mobil antik dan langka, apalagi jika dijual dengan sistem lelang. Dikatakan, mobil tersebut sempat dimiliki beberapa generasi. Mereka adalah Caroll Shellby, Stirling Moss, Roy Salvadori, dan Reg Parnell.
Mobil Balap Klasik Aston Martin DBR1 Bakal Incaran Kolektor
Dalam ajang Hammer yang dselenggarakan rumah lelang RM Sotheby's Monterey, di Inggris, Juli 2017 lalu, sejarah mobil ini dibeberkan. Terutama bagaimana performanya mobil ini bisa menjuarai Nurburging 1.000 km.
 
Perkiraan sementara, mobil ini akan ditaksi dan terjual lebih dari USD20 juta dan bakal menjadi salah satu mobil sport klasik paling mahal. Bukan hanya karena umur, para pendahulunya termasuk menjadi pengaruh popularitas mobil tersebut.
 
DBR1 bernomor mesin RB6/300/3 dengan 6 palang serta 5 transmisi manual, menjadikannya diklaim sebagai mobil produksi terbaik yang di buat oleh R.S William semenjak DBR1 mulai dibuat.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif