Pertamina masih pasok solar bersubdisi kepada masyarakat. MI
Pertamina masih pasok solar bersubdisi kepada masyarakat. MI

Pertamina: Masyarakat Mampu Jangan Beli Solar Subsidi

Otomotif pertamina bahan bakar gas Solar
Ekawan Raharja • 15 November 2019 13:40
Jakarta: Pertamina hingga saat ini masih menyalurkan solar bersubsidi ke terminal BBM maupun SPBU. Hanya saja kepada masyarakat dengan kemampuan daya beli menengah ke atas, sebaiknya tidak membeli varian solar paling rendah ini.
 
VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, berharap penyaluran BBM Bersubsidi tepat sasaran. Sebab yang terjadi di lapangan hingga kini BBM Bersubsidi masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang secara ekonomi tergolong mampu.
 
"Bagi masyarakat golongan mampu, agar menggunakan BBM non subsidi yang ketersediaannya memang lebih banyak, sehingga BBM subsidi dapat lebih dinikmati oleh penggunanya sesuai ketentuan," imbaunya melalui keterangan resmi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebutkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, BBM tertentu termasuk Solar bersubsidi hanya diperuntukkan bagi industri rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi dan pelayanan umum, termasuk juga kendaraan pribadi dengan kapasitas mesin atau CC yang kecil. Sehingga diharapkan para masyarakat dengan daya beli cukup baik bisa beralih ke bahan bakar non subsidi.
 
Sekarang ini untuk mesin diesel, perusahaan plat merah tersebut menyediakan dexlite dan Pertamina Dex sebagai pengganti solar. Kemudian untuk mesin bensin bisa membeli pertalite, pertamax, dan pertamax turbo sebagai pengganti premium. Salah satu keunggulan bahan bakar non subsidi adalah lebih baik untuk kehandalan dan keawetan mesin kendaraan, BBM tersebut juga tergolong lebih ramah lingkungan.
 
Fajriyah Usman juga menyebutkan bahwa stok BBM dalam kondisi aman. Untuk menjaga distribusi ke masyarakat, Pertamina juga telah menambah sekitar 20 persen suplai solar untuk memastikan pemerataan penyaluran dan melakukan percepatan distribusi untuk pelayanan ke masyarakat.
 
"Masyarakat tidak perlu khawatir, Pertamina telah menambah suplai solar untuk ketersediaan yang lebih merata," pungkasnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif