Kejuaraan daerah offroad yang diinisiasi IOF, jadi jalan terang menuju pentas kejuaraan offroad nasional. IOF
Kejuaraan daerah offroad yang diinisiasi IOF, jadi jalan terang menuju pentas kejuaraan offroad nasional. IOF

Kejuaraan Daerah Offroad 2019 Seri-2, Jalan Terang ke Kejurnas

Otomotif offroad balap mobil
Ahmad Garuda • 03 Juli 2019 19:15
Mandalika: Ambisi Indonesia Offroad Federation (IOF) untuk memajukan olahraga otomotif di bidang offroad tingkat nasional, tahun ini mulai bangkit kembali. Dalam seri-2 pelaksanaan kejuaraan daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB), para peserta terlihat sangat antusias.
 
Berada di bawah komando Ketua Pengurus Daerah IOF NTB yang baru, dr. Lalu Herman Mahaputera Mkes, MH (dokter Jack), gairah kompetisi offroad terus digenjot. Salah satunya dengan menggulirkan seri Kejuaraan Daerah Racing Adventure.
 
“Saya berharap dari NTB akan segera lahir banyak offroader yang bisa mengharumkan nama daerah di pentas nasional,” kata dokter Jack yang juga merupakan offroader papan atas nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kompetisi yang terjadwal bikin offroad di Nusa Tenggara Barat memang kini jadi makin hidup. Menurut Bambang Suhermanto – offroader senior NTB yang juga jadi ketua panitia 'The Mandalika Offroad Championsip 2019 – Kejurda Seri-2' jumlah peserta dibanding seri-1 mengalami peningkatan.
 
Kejuaraan Daerah Offroad 2019 Seri-2, Jalan Terang ke Kejurnas
 
Tercatat 40-an lebih starter yang ikut serta dari sebelumnya hanya 38 starter. Pesertanya pun enggak Cuma berasal dari Mataram tetapi juga dari Sumbawa, Bali, Surabaya dan Yogyakarta.
 
Agar proses alih teknologi dan skill offroad bisa berjalan dengan baik, dokter Jack mengajak rekan-rekannya yang tergabung dalam Tim Galena Offroad untuk ikut berpartisipasi di ajang Kejurda Racing Adventure IOF NTB.
 
“Biar eventnya lebih seru. Sesuai kesepakatan karena ini dijadikan ajang latihan dan silaturahmi offroader Tim Galena, maka point yang didapat tidak mempengaruhi offroader NTB yang sedang berkompetisi,” kata aktor Gaspoll Indonesia ini.
 
Event yang berlangsung selama 2 hari (29/6 – 30/6) akhir pekan lalu itu pun jadi seru dan menarik untuk dinikmati. Apalagi untuk merancang trek dipegang langsung oleh Cak Mendol. Master trek yang sering merancang venue event berskala nasional. Hal ini dimaksudkan agar offroader NTB bisa merasakan langsung aroma trek kompetisi offroad berskala nasional.
 
Kejuaraan Daerah Offroad 2019 Seri-2, Jalan Terang ke Kejurnas
 
Tingkat kesulitan trek pun dibikin mendekati dengan event nasional yang biasa digelar di pulau Jawa. Jadilah event kejurda terasa kejurnas.
 
Ada hal yang menarik pada kejurda seri 2 kali ini yaitu lokasi lomba yang digunakan berdekatan dengan kawasan yang akan di bangun sirkuit Motogp Mandalika – Lombok Tengah. Kawasan ini dikelola oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Coorporation).
 
Alam perbukitan pantai dengan kontur naik turun jadi handicap yang mampu menguji adrenalin peserta. Sepintas terlihat mudah namun sebenarnya cukup susah jika dilewati dengan target waktu tercepat.
 
Lokasi di sini memiliki potensi sangat besar. Bahkan layak untuk dijadikan event berskala nasional bahkan internasional. “Banyak lokasi trek yang belum dieksplor. Kalau diperluas pasti akan banyak trek seru dan menantang,” kata Cak Mendol.
 
Menurut Kepala Bappeda Lombok Tengah, Lalu Satria Atmawinata yang hadir dan ikut menyaksikan jalannya kompetisi, Pemda Lombok Tengah berharap dengan potensi alam yang dimiliki makin banyak pecinta dunia otomotif yang datang dan berkunjung.
 
“Alam di Lombok itu luar biasa. Jadi sangat layak untuk diexplorasi baik turing dengan mobil atau motor maupun berpetualang dengan kendaraan 4x4 maupun motortrail,” kata pria yang juga pehobi offroad ini.
 
Kawasan yang dikelola ITDC untuk Motogp 2021 di Mandalika Lombok seperti diterangkan di atas memang menyimpan potensi wisata alam yang bisa mendukung gebyar gelaran Motogp. Rasanya tidak berlebihan juga jika kedepannya nanti Nusa Tenggara Barat jadi salah satu tujuan wisata otomotif favorit baik di dalam negeri maupun luar negeri.
 
Selain Motogp dan World Superbike yang sudah dilakukan kerja sama, event otomotif lainnya terkhusus off-road juga punya peluang dan layak dilirik karena mampu mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit di daerah yang dijadikan lokasi lomba.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif