Hino membuat inovasi dengan menyematkan kamera belakang. ANTARA FOTO/Risky Andriant
Hino membuat inovasi dengan menyematkan kamera belakang. ANTARA FOTO/Risky Andriant

Saatnya Truk Dilengkapi Fitur Kamera Belakang

Otomotif teknologi otomotif hino
Ekawan Raharja • 11 Februari 2019 13:57
Jakarta: Fitur kamera belakang (rear camera) saat ini banyak disematkan di kendaraan penumpang. Hanya saja di era saat ini kendaraan komersial juga membutuhkan fitur kamera ini.
 
Direktur Penjualan dan Promosi Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo, menjelaskan sekarang ini fitur kamera belakang juga diperlukan oleh kendaraan komersial. Diakui penambahan fitur ini meningkatkan keamanan dan juga kemudahan pengemudi untuk mengoperasikan truk.
 
"Dengan adanya rear camera, akan lebih mudah dan mempercepat parkir. Selain itu ketika pengemudi memundurkan truk, maka akan lebih gampang dan aman," ujar Santiko Senin (11/2/2019) di Hotel Aston Kuningan Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saatnya Truk Dilengkapi Fitur Kamera Belakang
 
Senior Executive Officer HMSI, Irwan Supriyanto, memberi contah saat truk melakukan bongkar muat barang, maka diperlukan kamera belakang. Sehingga pengemudi bisa memundurkan truk secara tepat dan lebih cepat.
 
"Di 2019 ini Hino khususnya di segmen kargo dan transportasi logistik yakni New Generation Ranger dan New Dutro akan ada penambahan fitur terbaru yakni rear camera. Ini untuk menambah keselamatan pengemudi ketika mundur atau parkir di area yang sulit dilihat."
 
Inovasi yang diberikan Hino di New Generation Ranger dan New Dutro menjadi nilai lebih untuk bersaing di segmen light duty truck dan medium duty truck. Mengingat kompetitornya di medium duty truk ada Mitsubishi Fuso Fighter dan Isuzu Giga, serta di segmen light duty truck dengan Mitsubishi Fuso Canter dan Isuzu NLR belum dilengkapi dengan fitur kamera belakang.
 
Tentu tidak menutup kemungkinan kalau kompetitor pun juga akan mengambil langkah yang sama dengan Hino, melengkapi produknya dengan fitur kamera belakang. Sehingga dimasa mendatang fitur kamera belakang bisa menjadi fitur standar di semua kendaraan komersial.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif