Driving Experience

Jarak Sumbu Roda Lebih Panjang, Bantu Stabilitas All New Brio

Ahmad Garuda 21 Oktober 2018 14:08 WIB
mobil baruhonda mobil
Jarak Sumbu Roda Lebih Panjang, Bantu Stabilitas All New Brio
Bermodalkan jarak sumbu as roda yang lebih panjang 60 mm, All New Brio lebih nyaman dalam bermanuver. medcom.id/Ahmad Garuda
Bali: Sudah menjadi hukum pasti, bahwa kendaraan dengan dimensi yang lebih kecil dengan jarak sumbu roda lebih kecil pula, akan melahirkan feeling berkendara yang lebih lincah. Hal itulah yang dibangun Honda melalui Brio yang diperuntukkan bagi mereka yang menginginkan mobil berukuran kecil nan lincah untuk perkotaan.

Namun belakangan berkembang keinginan masyarakat akan sebuah mobil kecil yang wajib memuat banyak barang bawaan. Tantangannya adalah tetap tidak mengorbankan kelincahan mobil tersebut dalam bermanuver.

"Kami mengembangkan mobil ini dengan konsep yang ingin mewadahi kebutuhan untuk ruang yang lebih lega. Tapi dari sisi teknis juga menjadikan mobil ini jadi lebih stabil. Itulah mengapa kami memberikan peningkatan di sisi ini untuk membuat beberapa fungsi sekaligus. Juga dari sisi regulasi minimal yang dibutuhkan untuk sebuah LCGC," ujar Large Project Leader All New Brio, Honda R&D Asia Pacific., Ltd, Tsutomu Harano kepada Medcom.id.

Hal ini pun dirasakan langsung oleh duo pembalap Honda yang melakukan pengetesan langsung di kawasan parkir Garuda Wisnu Kencana di Ungasan, Bali. Mereka adalah Rio SB dan Alvin Bahar. Keduanya mengungkapkan bahwa dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang ini, manuver mobil ini lebih stabil dibandingkan dengan versi sebelumnya.


"Kalau mobil sebelumnya, lebih gampang ngepot tapi upgrade di mobil ini lebih menunjukkan detail performa yang stabil. Bahkan untuk manuver di kecepatan tinggi. Makanya akan asik menggunakan mobil ini untuk balapan di sirkuit," sambut Alvin Bahar.

Sekadar informasi, jarak sumbu roda yang berhasil direnggangkan adalah sekitar 60 milimeter. Dengan jarak sebesar itu, selain menambah stabilitas mobil dalam bermanuver, juga menambah kapasitas ruang kabin yang lebih besar. Sehingga ruang bagasi pun bertambah panjang sebesar 90 mm dan totalnya mencapai 258 liter.

Tawaran yang diberikan Honda melalui Brio ini, tentu cukup menarik jika membandingkannya dengan rival tangguhnya yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Apalagi dari sisi mesin, Honda melakukan ubahan besar.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id