Asuransi kendaraan bermotor masuk dalam salah satu pembahasan di Indonesia Rendezvous ke-28. AG-Alun
Asuransi kendaraan bermotor masuk dalam salah satu pembahasan di Indonesia Rendezvous ke-28. AG-Alun

Asuransi Kendaraan jadi Bahasan di Indonesia Rendezvous ke-28

Ahmad Garuda • 11 Oktober 2024 08:03
Jakarta – Hingga saat ini asuransi kendaraan bermotor tercatat masih menjadi salah satu penyumbang terbesar, dari perolehan premi industri asuransi umum. Dikatakan lini usaha ini mengalami pertumbuhan sebesar 2 persen.
 
Kendati dijelaskan kalau pertumbuhan asuransi kendaraan bermotor tidak sebesar pangsa pasar sebelumnya. Dimana total perolehan premi pada Semester 1 (satu) pada 2024 ini sebesar Rp10 triliun. Cukup meningkat, jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya Rp9,8 triliun.
 
“Kami mencatat bahwa pertumbuhan premi dari industri asuransi umum sendiri pada periode Triwulan II (Semester 1) 2024 ini sebanyak 18,4 persen atau sebesar Rp57,9 triliun, yang berarti tumbuh positif secara y-on-y,” kata Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Budi Herawan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menyikapi hal tersebut, pihak AAUI menjelaskan untuk membahasnya lebih jauh, dalam sebuah acara tahunan bertajuk 28th Indonesia Rendezvous, yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali (9-12/10/2024). 
 
Baca Juga:
Kian Mantap Gelar Balap Satu Merek, Ini Hasil Tes Molis United!

 
AAUI membuka rangkaian acara bergengsi ini dengan aktivitas “Reconnecting Dinner”, yang mengusung kembali tema “Beach Party”. Di dalamnya mempertemukan kembali para pelaku bisnis di industri perasuransian di seluruh dunia. Bertujuan untuk saling mengenal, mempertemukan dan menjalin komunikasi lebih hangat kepada para peserta. Agar lebih intens komunikasi untuk menjalin kerja sama bisnis antara satu dengan yang lain.
 
Ketua AAUI, Budi Herawan menyampaikan dalam sambutannya di Reconnecting Dinner, pihaknya sebagai penyelenggara acara sangat berterima kasih atas dorongan dan antusias para peserta yang bertambah setiap tahunnya. Juga kepada anggota AAUI yang selalu ikut serta dalam kegiatan ini. 
 
“Kami harap, forum ini dapat dimanfaatkan dengan baik, oleh para pelaku juga para pemangku kepentingan. Menjalin bisnis yang sehat juga tumbuh berkelanjutan, demi industri kita tercinta ini. Mari kita ciptakan persaingan bisnis yang sehat demi kemajuan industri asuransi Indonesia. Semoga forum ini kembali menciptakan kolaborasi yang apik dan juga menghadirkan energi baik untuk kita semua,” tuturnya, Rabu (9/10/2024).

Libatkan 900 Peserta dari 15 Negara

Rendezvous di Pulau Dewata melibatkan setidaknya 900 peserta. Jauh meningkat dibandingkan tahun lalu yang 640 peserta. Tak hanya itu, partisipasi negara yang ikut dalam acara ini juga bertambah. Dari 13 negara tahun lalu, menjadi 15 negara di tahun ini. Meliputi Korea, India, Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, Inggris, USA, Cina, Thailand, Perancis, Mauritius, Bahrain, Kanada dan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara. 
 
Baca Juga:
Tips Merawat Rem Cakram Mobil Agar Awet dan Optimal

 
Pada gelaran Indonesia Rendezvous ke-28, AAUI menggunakan filosofi bunga teratai. Logo yang diterapkan pada setiap elemen kegiatan. Menggambarkan, “pertumbuhan dan perkembangan”, selaras dengan semangat dari acara. Agar nantinya industri asuransi juga bertransformasi semakin kuat, maju, dan berkembang. Sedangkan warna emas, sebagai warna dasar dari logo Indonesia Rendezvous ke-28, memiliki arti pencapaian kesuksesan atau masa keemasan. 
 
Mengambil filosofi dari keduanya, diharapkan dapat menghadirkan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi industri asuransi Indonesia. Melalui jalinan-jalinan bisnis baru, yang akan membantu menumbuhkan inklusi perasuransian Indonesia. Sekaligus mendorong perekonomian negara yang semakin kuat, di tahun-tahun mendatang.
 
Tema yang diangkat pada penyelenggaraan acara tahun ini yakni, “Securing Stability & Unravelling Risk Impacting the Insurance Landscape”, sejalan tema besar industri asuransi umum di Indonesia saat ini. 
 
Dalam sambutan pembukaan Hari 1 (10/10/2024), Budi ikut menyampaikan, asuransi mikro salah satunya juga menjadi produk yang sangat popular. Ditujukan untuk individu berpenghasilan rendah dan populasi muda. Produk-produk ini dirancang untuk memberikan perlindungan yang terjangkau, salah satunya di kendaraan bermotor. 
 
“Singkatnya, ini adalah karpet merah untuk menjadikan asuransi dapat diakses oleh masyarakat yang lebih luas, melalui kolaborasi teknologi. Lebih banyak personalisasi pada produk, tetapi lebih sedikit interaksi tatap muka,” terangnya.(Autogear.id / Alun Segoro)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan