medcom.id: EcoBoost sebagai jenis tenaga penggerak racikan Ford dihadirkan untuk mencapai efisiensi bahan bakar. Namun keluaran tenaga besar dengan bantuan turbocharger. Varian mesin ini juga tersedia untuk Fiesta hingga Mustang. Tidak heran EcoBoost sudah mendapatkan gelar global sebagai mesin terbaik selama beberapa kali.
Ford terus mengembangkan mesin ini. Terbaru adalah mesin EcoBoost dengan tiga silinder. Tapi salah satu silindernya bisa dinonaktifkan. Sehingga hanya dua silinder yang bekerja menggerakkan mobil. Dengan begitu jadi hemat bahan bakar.
Sistem akan mematikan satu silinder saat mobil berada di jalanan yang mulus. Dua silinder aktif tentu lebih efisien. Seperti dilansir Newatlas, tiga silinder akan aktif kembali saat pengemudi menginjak pedal gas dan putaran mesin mencapai 4.500rpm.
Saat yang aktif dua silinder, Ford memastikan mesin tetap bekerja dengan normal dan nyaman. Mereka menggunakan dual-mass flywheel, damper pengurang vibrasi di plat kopling, dan katup in-ex di silinder yang nonaktif tertutup sempurna.
"Kapasitas mesin yang berubah-ubah dengan nonaktif satu silinder membuat pengemudi bisa mendapatkan performa dan efisiensi dalam satu mesin saja," ungkap Denis Gorman, Powertrain Engineer Ford Europe.
medcom.id: EcoBoost sebagai jenis tenaga penggerak racikan Ford dihadirkan untuk mencapai efisiensi bahan bakar. Namun keluaran tenaga besar dengan bantuan
turbocharger. Varian mesin ini juga tersedia untuk Fiesta hingga Mustang. Tidak heran EcoBoost sudah mendapatkan gelar global sebagai mesin terbaik selama beberapa kali.
Ford terus mengembangkan mesin ini. Terbaru adalah mesin EcoBoost dengan tiga silinder. Tapi salah satu silindernya bisa dinonaktifkan. Sehingga hanya dua silinder yang bekerja menggerakkan mobil. Dengan begitu jadi hemat bahan bakar.
Sistem akan mematikan satu silinder saat mobil berada di jalanan yang mulus. Dua silinder aktif tentu lebih efisien. Seperti dilansir
Newatlas, tiga silinder akan aktif kembali saat pengemudi menginjak pedal gas dan putaran mesin mencapai 4.500rpm.
Saat yang aktif dua silinder, Ford memastikan mesin tetap bekerja dengan normal dan nyaman. Mereka menggunakan
dual-mass flywheel, damper pengurang vibrasi di plat kopling, dan katup in-ex di silinder yang nonaktif tertutup sempurna.
"Kapasitas mesin yang berubah-ubah dengan nonaktif satu silinder membuat pengemudi bisa mendapatkan performa dan efisiensi dalam satu mesin saja," ungkap Denis Gorman, Powertrain Engineer Ford Europe.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HIL)