Head unit dengan kemampuan voice command selengkap Wuling Almaz belum ada di pasar aftermarket. Wuling Motors
Head unit dengan kemampuan voice command selengkap Wuling Almaz belum ada di pasar aftermarket. Wuling Motors

Aksesoris Mobil

Versi Aftermarket Head Unit Almaz dan Glory i-Auto, Belum Ada?

Otomotif teknologi otomotif aksesoris otomotif
Ekawan Raharja • 28 September 2019 11:18
Jakarta: Beberapa mobil sekarang ini, sebut saja Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto, sudah menerapkan teknologi voice command untuk sejumlah perintah di dalam mobil. Bagi yang tertarik dengan head unit canggih seperti milik kedua mobil Tiongkok tersebut harus gigit jari karena belum tersedia di pasar aftermarket.
 
Pemilik Buana Audio Video, Asiong, menjelaskan belum ada head unit seperti Almaz dan Glory i-Auto yang sampai mampu untuk membuka jendela cukup melalui perintah suara. Menurutnya head unit seperti ini cukup rumit dan produsen aftermarket belum ada yang berani mengembangkan ini.
 
"Kalau perintah suara cuma telepon dan memutar musik ada, Seperti Pioneer Z Series cuma harus terkoneksi gawai. Kayaknya orang (produsen head unit aftermarket) tidak bakal bikin karena bahaya," ungkap Asiong Jumat (27/9/2019) di Pasar Mobil Kemayoran Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama menurutnya, perintah suara yang bisa sampai membuka jendela sangat berbahaya jika dilakukan oleh anak kecil. Karena bisa mengancam keselamatan ketika digunakan oleh anak kecil.
 
Kemudian sistem ini juga terkoneksi dengan ECU, dan sangat beresiko karena harus menyuntikan program di dalamnya. Berbeda dengan Almaz atau Glory i-Auto yang memang didesain dari awal memiliki kemampuan untuk membuka jendela dengan perintah suara.
 
"Canggih memang fitur itu, hanya saja resikonya juga canggih. Kalau saat membuka jendela kemudian konslet, maka jendela ada kemungkinan tidak bisa ditutup. Resikonya besar," ungkap Asiong.
 
Pria yang sudah puluhan tahun menggeluti bisnis audio mobil ini menjelaskan, sejauh ini pasar aftermarket baru menyediakan head unit dengan ukuran 12 inci berdesain vertikal seperti yang digunakan Almaz dan Tesla Model S. Head unit ukuran jumbo ini sudah bisa dipinang dengan harga Rp10 juta, dan baru khusus disematkan untuk Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner tahun 2018-2019.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif