Base oil dengna kualitas tinggi akan menentukan kualitas pelumas dan perlindungannya terhadap mesin. medcom.id/Ahmad Garuda
Base oil dengna kualitas tinggi akan menentukan kualitas pelumas dan perlindungannya terhadap mesin. medcom.id/Ahmad Garuda

Pelumas Kendaraan

Kualitas Base Oil Penting untuk Pelumas Kendaraan?

Otomotif
Ahmad Garuda • 14 Februari 2020 17:19
Jakarta: Berbicara soal kualitas pelumas, penting bagi konsumen yang benar-benar paham soal performa kendaraan dan sesuai peruntukannya. Namun yang tak kalah pentingnya adalah pengetahuan soal kualitas pelumas yang juga ditentukan base oil berkualitas tinggi.
 
Tentu hal ini menjadi penting bagi Anda yang ingin memilih pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan. Lantaran jika salah dalam memilih dan juga salah dalam hal edukasi base oil, maka akan berpengaruh terhadap performa kendaraan yang Anda miliki.
 
Menurut penuturan Spare Part Departement Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Ignatius Ratrianto dalam pernyataan resminya, bahwa base oil punya peran penting dalam menentukan kualitas pelumas itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum berbicara soal spesifikasi pelumas, tentu kita harus berbicara tentang kualitas dasar oli yang digunakan sebagai basis. Nah, untuk memastikan kualitas tersebut, kami memilih base oil dengan grade yang terbaik," ujar Ignatius.
 
Pria itu pun menegaskan bahwa ciri-ciri base oil dengan kualitas bagus, bisa dilihat secara kasat mata. Meski ini adalah proses di belakang layar pembuatan pelumas itu sendiri, namun penting untuk dikomunikasikan. Dari sisi warna, mereka memilih base oil yang berwarna bening dan itu menjadi syarat utama pengolahan base oil menjadi pelumas untuk kendaraan dari Ecstar.
 
Lalu apa untungnya menggunakan pelumas yang bahan dasar olinya punya kualitas bagus? Dalam pernyataan khususnya, ada tiga poin utama yang disebutkan jadi keuntungan besarnya.
 
"Jadi dengan basis oli berkualitas tinggi dan penambahan aditif yang disesuaikan spesifikasi kendaraan, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Di antaranya penggunaan pelumas yang tepat bisa menghemat bahan bakar, lalu performa mesin jadi lebih baik dan menjaga kebersihan ruang mesin."
 
Beberapa produsen pelumas di tanah air seperti Federal Oil, Pertamina Fastron bahkan Shell Advance, juga melakukan pengembangan serupa. Mengingat mereka punya base oil yang memang punya grade yang bagus, sehingga membuat pilihan pelumas jadi lebih banyak untuk konsumen.
 
Lalu apa yang ditawarkan Ecstar agar bisa bersaing di pasar pelumas nasional? Lagi-lagi berbicara soal keterjangkauan harga. Mengingat pasar nasional cukup sensitif soal harga jualnya yang lebih terjangkau yaitu masih berada di bawah Rp100 ribu. Jika dibandingkan dengan pelumas di segmennya, ini cukup kompetitif.
 

(UDA)
TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif