Hino uji Bus RN 285 dan FC Bus ke jalur trans Jawa. HMSI
Hino uji Bus RN 285 dan FC Bus ke jalur trans Jawa. HMSI

Mobil Baru

Hino Bus RN dan FC Bus Jelajah Jawa, Jajal Fitur Baru

Ahmad Garuda • 28 Maret 2019 10:15
Semarang: Kejutan dilakukan Hino Indonesia melalui pengetesan jalan alias road test untuk FC Bus dan RN 285. Jajal jalan ke wilayah jalur Jawa ini untuk menguji ketangguhan mesin, fitur baru dan kenyamanan bus pabrikan tersebut.
 
Acara road test ini diikuti oleh 30 pengusaha otobus yang bergerak dibidang transportasi antar kota maupun pariwisata. Mengambil rute dari Hotel The Wujil Semarang menuju tol Unggaran dan tol Salatiga. Beberapa fitur atau pengembangan terbaru FC Bus, pun benar-benar bisa dirasakan.
 
Terdapat perubahan dari versi sebelumnya menggunakan ban dan pelek 8.25 R16 kini FC Bus menggunakan ban dan pelek 9.5 dan R 17.5. Perubahan ini, membuat gap antara brake drum dan velg menjadi lebih besar sehingga sirkulasi udara panas di ban menjadi lebih baik. Hal ini dapat mengurangi kejadian ban pecah saat di jalan.

Tidak hanya itu, penggunaan ban radial tubeless FC Bus, menjadi mudah dalam perawatan dan lebih hemat biaya karena tidak harus mengganti ban dalam. Road test ini juga sebagai ajang untuk memperkenalkan transmisi baru dari Hino Bus RN 285 yang saat ini menggunakan tipe ZF6S1010B0 over drive yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dalam pengoperasian.
 
Bus RN 285 saat ini juga memiliki Retarder Transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan juga pengemudi. Hal lain yang menjadi hal positif di bus tersebut adalah mengurangi lelah pengemudi karena frekuensi menginjak pedal rem yang berkurang. Sehingga berdampak juga terhadap efisiensi kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus.
 
“Hino bus saat ini memiliki peran besar sebagai penghubung setiap kota di Indonesia. Untuk itu kami terus melakukan improvisasi untuk bus ini agar semakin ekonomis dan efisien," klaim Product Division Head PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Prasetyo Adhiyudo
 
Baik Bus RN 285 dan FC Bus menggunakan mesin common rail yang tangguh dan gampang soal perawatan. FC Bus sendiri memiliki kapasitas 40 penumpang, yang sekaligus melengkapi jajaran produk bus mereka yang sebelumnya hanya terdapat bus besar seperti RN 285 dan R260 dengan kapasitas 59 penumpang dan bus kecil dengan kapasitas 30 penumpang.  
 
Jika dibandingkan dengan bus-bus impor seperti Mercedes-Benz, Scania hingga Volvo, bus produksi Hino tak kalah dalam hal fitur dan teknologi. Meski juga masih ada beberapa hal yang jadi tugas besar mereka. Terutama soal komputerisasi dan fitur safety.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan