Pertumbuhan Mobil Listrik Memerlukan Waktu
BMW i-Series merupakan salah satu lini produk BMW dengan teknologi listrik. BMW
BSD City: Beberapa produsen otomotif mulai memasarkan kendaraan listrik ke Indonesia, termasuk BMW dengan i-Series. Langkah ini diakui BMW harus mulai dilakukan karena untuk mengubah kebiasaan menggunakan mobil konvensional dan mobil listrik memerlukan waktu.

Head of Govermental Affairs BMW South East Asia, Henrik Wigermo, menjelaskan peralihan dari mobil konvensional ke mobil listrik tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu waktu dan didukung beberapa hal untuk bisa membuat mobil ramah lingkungan tersebut berkembang di suatu negara.

"Sebagai contoh Belanda dan Norwegia, mereka terus mengalami pertumbuhan mobil listrik. Mereka sudah melakukannya sejak 2011," ujar Henrik Rabu (8/8/2018) di sela-sela GIIAS 2018.

Sebagai contoh penjualan mobil listrik di Norwegia sejak 2011 ke 2012, penjualan mobil listrik sudah menguasai pasar 3,1 persen. Sedangkan kini pasar 2018 mencatat share market mobil listrik di negara Eropa tersebut sudah hampir mencapai 45,6 persen dari total penjualan mobil.


Henrik membeberkan pertumbuhan ini didukung dengan berbahai hal. Mulai infrastruktur hingga regulasi yang ada harus dilengkapi untuk merangsang mendukung peralihan ke mobil listrik.

"Regulasi memegang peranan penting. Masyarakat saat membeli mobil listrik harus mengetahui nasib mereka besok, lusa, dan di masa depan. Indonesia memerlukan regulasi yang kuat untuk mendukung pertumbuhan mobil listrik," saran Henrik.

Selanjutnya adalah penyediaan infrastruktur juga menjadi perhatian penting. Menghadirkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di area-area umum bisa menjadi jawaban beberapa pertanyaan dan ketakutan masyarakat akan mobil listrik.

"Konsumen masih banyak yang mempertahanyakan tentang bagaimana pengisian daya listrik ketika berpergian. Menghadirkan SPLU bisa menjawab keraguan masyarakat, dan mendorong penjualan mobil listrik."



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id