Sel baterai generasi terbaru BMW. BMW
Sel baterai generasi terbaru BMW. BMW

Industri Otomotif

Harga Lithium Naik, Ancam Baterai Mobil Listrik Kian Mahal

Ekawan Raharja • 23 September 2022 16:00
Jakarta: Lithium menjadi salah satu material penting yang digunakan oleh baterai kendaraan listrik. Sayangnya, harga lithium belakangan ini semakin naik dan beresiko membuat harga baterai semakin mahal.
 
Dikutip dari Autoblog, saat ini harga Lithium karbonat mencapai rekor banderol US71.315 per ton di Tiongkok. Kenaikan harga material utama baterai kendaraan listrik ini terjadi karena lonjakan permintaan yang kuat serta gangguan di pusat produksi domestik.
 
Peningkatan jelas terjadi karena semakin banyak konsumen kendaraan listrik, dan di tengah transisi global dari kendaraan konvensional. Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok bahkan memperkirakan terjadi kenaikan penjualan kendaraan listrik hingga 6 juta unit pada akhir tahun 2022.
 
Jumlah tersebut di klaim meningkat 2 kali lipat lebih dibandingkan tahun 2021. Selain itu, penggunaan baterai di Negeri Panda itu juga mengalami peningkatan dua kali lipat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, krisis listrik pada Agustus di Provinsi Sichuan, rumah bagi lebih dari seperlima produksi lithium Tiongkok, menyebabkan pemadaman listrik selama dua pekan dan menghambat pasokan di pasar yang memang sudah tertekan.
 
Sebuah perusahaan riset, Rystad Energy, menyebutkan kekhawatiran krisis listrik di Tiongkok dapat kembali terjadi pada musim dingin ini, ketika permintaan untuk pemanas meningkat.
 
“Produksi dan penjualan EV tetap stabil dalam beberapa bulan terakhir. Ini dapat menyebabkan kekurangan daya baru dan memukul operasi lithium," tulisnya.
 
Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina mengaku telah mengadakan pertemuan untuk meninjau perkembangan dan meminta perusahaan-perusahaan top membantu menstabilkan harga, 
 
Produsen tidak boleh berkolusi dalam penetapan harga dan tidak mengutip harga yang jauh menyimpang dari biaya. Dari sisi lain, Pemerintah Negeri Tirai Bambu juga akan mengambil langkah-langkah untuk mendorong eksplorasi, menstabilkan impor, dan mempromosikan daur ulang (baterai).

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif