Ban Goodyear Oxygene dengan bisa ditumbuhi lumut. Goodyear
Ban Goodyear Oxygene dengan bisa ditumbuhi lumut. Goodyear

Teknologi Otomotif

Ban Unik ini, Bisa Hasilkan Oksigen

Otomotif ban mobil
Ainto Harry Budiawan • 16 Maret 2018 16:19
Ohio: Teknologi ban mobil semakin jauh berkembang saat ini. Mulai dari kemampuan daya cengkram lebih baik, ban hemat ban bakar, ban tanpa angin dan kini ada ban paling ramah lingkungan yang bisa menghasilkan oksigen.
 
Ban tersebut adalah Goodyear Oxigene. Ban racikan pabrikan asal Ohio, Amerika Serikat satu ini punya struktur unik. Sisi ban dibuat seunik mungkin agar bisa ditumbuhi lumut.
 
Dengan lumut yang tumbuh di sisi ban, lumut itu akan terkena matahari dan melakukan proses fotosintesis. Proses tersebut mengubah kelembaban air dan karbondioksida menjadi oksigen.
Ban Unik ini, Bisa Hasilkan Oksigen
Alasan Goodyear mencipatkan ban ini karena ingin memerangi polusi udara terutama di kota-kota besar. Dengan lumut yang mampu menghasilkan oksigen, diharapkan kualitas udara di kota besar bisa lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai contoh, Goodyear menggambarkan Paris punya 2,5 juta mobil, dengan ban ini maka akan menghasilkan 3.300 ton oksigen dan menyerap 4.400 ton karbondioksida tiap tahunnya.
 
Proses pembuatan Oxygene dicetak secara tiga dimensi dan menggunakan bahan dari ban yang didaur ulang. Semoga konsep ban ini bisa segera diterapkan ya. 
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif