Mitsubishi Colt T120SS harus menjalani program recall karena high speed gear shift shaft rentan bermasalah. Mitsubishi
Mitsubishi Colt T120SS harus menjalani program recall karena high speed gear shift shaft rentan bermasalah. Mitsubishi

Selektor Tuas Transmisi Bermasalah, Mitsubishi Recall Colt T120SS

Otomotif mitsubishi recall mobil
Ekawan Raharja • 18 Desember 2018 13:01
Jakarta: Mitsubishi mengumumkan program recall untuk Colt T120SS. Mobil pikap wajib masuk ke dalam bengkel untuk menjalani pemeriksaan di bagian high speed gear shift shaft (selektor pemindah gigi).
 
Diakui bahwa pergantian ini dilakukan karena adanya uji tipe yang yang dilakukan oleh pemerintah. Kemudian Menteri Perhubungan pun mengeluarkan peraturan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor mengenai standar komponen tersebut.
 
Kampanye pemeriksaan dan/atau perbaikan ini dilakukan karena ditemukan kurang presisinya dimensi komponen internal transmisi yaitu high speed gear shift shaft (Selektor Pemindah Gigi). Dalam hal ini terdapat potensi posisi transmisi gigi-5 terkunci dan tidak dapat dipindahkan ke gigi manapun saat kondisi kendaraan berjalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kurang presisinya dimensi komponen selektor pemindah gigi tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya penempatan jig/dudukan komponen selektor pemindah gigi saat proses pengelasan di sisi produksi.
 
Tercatat ada sebanyak 5.431 unit Colt T120SS yang harus melakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Kesemuanya merupakan Colt T120SS produksi 2018.
 
Selektor Tuas Transmisi Bermasalah, Mitsubishi Recall Colt T120SS
 
“Program kampanye perbaikan ini merupakan komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya,” ungkap Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, melalui keterangan resminya.
 
MMKSI, melalui dealer penumpang dan niaga ringan Mitsubishi, sudah mengirimkan surat undangan tersebut kepada konsumen. Para pemilik Colt T120SS bisa melakukan perbaikan per 17 Desember 2018 di seluruh bengkel resmi pabrikan berlogo tiga berlian tersebut.
 
Kegiatan ini memiliki estimasi durasi pemeriksaan selama 1 jam dan perbaikan selama 6 jam. Bila dari hasil pemeriksaan terhadap kendaraan konsumen diperlukan penggantian suku cadang, maka konsumen berhak menerima kompensasi penggantian oli mesin & filter oli secara gratis.
 
Sebelumnya Suzuki juga sudah mengumumkan program yang sama untuk model Carry. Bahkan mereka harus melakukan recall kepada 19.926 unit Carry yang terkena program perbaikan tersebut.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif