Jakarta - Beberapa waktu lalu, Medcom.id mendapat kesempatan untuk menjajal SUV listrik premium yang dipasarkan oleh AION Indonesia yaitu Hyptec HT. Sebenarnya brand ini merupakan brand berbeda dari AION, namun masih satu atap, tapi penyederhanaan masuk ke pasar Indonesia, tentu berada di bawah merek tersebut.
Lalu apa hal istimewa yang Kami rasakan saat menjajal kendaraan asal Tiongkok itu? Swbelumnya, Kami sudah mengulas beberapa fitur menarik yang bakal bikin geleng-geleng para pengguna kendaraan di Indonesia. Bukan hanya jarak tempuhnya yang mencapai 620 km. Namun juga performanya yang tak hanya menyajikan mode berkendara Eco, Normal dan Sport.
Mode Berkendara
Lebih jauh mode berkendara bisa diatur sesuai dengan kenyamanan dan gaya yang diinginkan oleh pengemudinya. Misalnya untuk mengatur sebuas apa tenaga yang akan tersalur ketika menginjak pedal akselerator. Semakin rendah persenannya, maka akan semakin minim mengeluarkan tenaga untuk menggerakkan roda.
Kemudian juga gaya pengereman, regeneratif hingga sensifitas pedal rem yang bisa diatur dan juga gerakan kemudi. Head of Aftersales AION Indonesia, Jeffry Holidjaja beberapa saat lalu menegaskan bahwa totalitas Hyptec dalam menghadirkan kendaraan yang sesuai pangsa pasarnya menuai banyak pujian. Mengingat desain yang dibuat sangat elegan, berpadu dengan fitur-fitur terbaik.
Performa Ajib
Namanya mobil listrik, sudah pasti torsi dan tenaga adalah satu di antara sekian banyak sensasi yang bisa Anda dapatkan. Tenaga yang keluar hingga 250 kW atau setara dengan 340 PS, rasanya lebih dari cukup buat yang ingin menggebernya dengan kecepatan tinggi. Belum lagi tarikan torsinya sebesar 430 Newton Meter, membuat sensasi mobil sport sangat terasa.
Jangan khawatir dengan jarak tempuhnya, lantaran mobil ini bisa mencapai 620 km sekali perjalanan dari kondisi full di baterai berkapasitas 83 kWh. Artinya Anda bisa melakukan perjalanan lebih jauh sebelum mencari stasiun pengisian listrik umum. Bukan hanya performa penggeraknya yang mumpuni, namun juga performa peredaman kaki-kaki yang bekerja sangat baik. Ini tak terlepas dari rangka kendaraan yang menyatu dengan penempatan baterai.
Pada kondisi jalan mulus, sistem peredaman seperti dibuat rigid, sehingga tidak ada perasaan limbung ketika duduk di baris kedua. Sementara saat menjajal jalur berbatu, setup suspensi terasa berbeda dan empuk. Jangan khawatir jika menjajal jalan rusak akan membuat ban jadi bocor seperti jalan berbatu. Lantaran mobil ini dibekali dengan ban run flat tire (RFT) yang berteknologi tinggi.
Desain Kabin Simpel dan Fungsional
Pertama kali masuk ke kabin mobil ini, gaya desain Hyptec HT bisa dibilang sangat berkiblat ke Eropa. Memanfaatkan setiap lekukan jadi sebuah nilai artistik. Minimnya tombol-tombol untuk pengoperasian membuat semuanya terlihat jadi lebih sleek dan bersih. Desain kemudi yang berbentuk oval dan terlihat lebih mini, membuat pengendalian mobil ini sangat baik. Meski bodinya terlihat gambot dari mobil-mobil sekelasnya, namun radius putarnya sangat baik.
Terdapat 2 tombol yang menyerupai track ball, bisa digunakan untuk mengatur ragam kebutuhan pengemudi untuk kendaraan ini. Termasuk untuk pengaturan kaca spion. Sayangnya jika dibandingkan dengan trackball yang ada di AION V, di Hyptec tombolnya sedikit agak licin. Kemungkinan karena materialnya dari metal meski memiliki gerigi.
Lantaran mobil ini memaksimalkan semua fungsinya di layar in-car-tainment bagian tengah, tentu tidak banyak tombol-tombol yang bisa mengganggu pikiran pengemudi saat berkendara. Kemudian desain dashboard juga dibuat seminimalis mungkin namun aura elegannya sangat terasa. Begitu juga dengan jok, mulai dari jok depan hingga jok baris kedua semuanya punya fitur yang lengkap.
Fitur-FItur Mewah
Kemudian jok depan baik untuk pengemudi maupun untuk penumpang sudah dilengkapi dengan fitur pemijat seperti layaknya kursi pijat. Ini bisa dimanfaatkan ketika kondisi lelah dan ingin dipijat. Lalu mode jok juga bisa disesuaikan dengan lekuk sandaran terutama bagian pinggang yang diinginkan oleh pengemudi. Sehingga untuk perjalanan jarak jauh akan mengurangi perasaan capek.
Selain itu, jok bagian depan bisa juga diaktifkan dengan mode sofa yang memiliki penopang bagian betis. Bagian belakang juga tak kalah heboh, lantaran posisi jok bisa dibuat miring dengan 143 derajat. Jok belakang sebelah kanan memiliki fitur meja dari belakang jok pengemudi, sementara jok sebelah kiri memiliki sandaran kaki dari jok depan kiri. Fakta ini membuat baik pengemudi maupun penumpang bisa duduk dengan sangat nyaman dalam semua posisi.
Fitur yang juga bisa dimanfaatkan di mobil ini adalah Vehicle to Load (V2L) di mana pengguna dapat memanfaatkan daya dari mobil untuk menyalakan perangkat elektronik, seperti menyetel musik atau bermain game.
Kesimpulan
Untuk SUV listrik premium, keberadaan Hyptec HT ini rasanya lebih dari cukup untuk membuat Anda yang sedang mencari mobil listrik premium dengan gaya elegan. Ditawarkan dengan harga Rp691 juta OTR Jakarta, rasanya ini lebih dari cukup untuk membuat Anda bisa merasakan sensasi mobil SUV sport elegan tanpa embel-embel harga kemahalan.
Jakarta - Beberapa waktu lalu, Medcom.id mendapat kesempatan untuk menjajal
SUV listrik premium yang dipasarkan oleh
AION Indonesia yaitu
Hyptec HT. Sebenarnya brand ini merupakan brand berbeda dari AION, namun masih satu atap, tapi penyederhanaan masuk ke pasar Indonesia, tentu berada di bawah merek tersebut.
Lalu apa hal istimewa yang Kami rasakan saat menjajal kendaraan asal Tiongkok itu? Swbelumnya, Kami sudah mengulas beberapa fitur menarik yang bakal bikin geleng-geleng para pengguna kendaraan di Indonesia. Bukan hanya jarak tempuhnya yang mencapai 620 km. Namun juga performanya yang tak hanya menyajikan mode berkendara Eco, Normal dan Sport.
Mode Berkendara
Lebih jauh mode berkendara bisa diatur sesuai dengan kenyamanan dan gaya yang diinginkan oleh pengemudinya. Misalnya untuk mengatur sebuas apa tenaga yang akan tersalur ketika menginjak pedal akselerator. Semakin rendah persenannya, maka akan semakin minim mengeluarkan tenaga untuk menggerakkan roda.
Kemudian juga gaya pengereman, regeneratif hingga sensifitas pedal rem yang bisa diatur dan juga gerakan kemudi. Head of Aftersales AION Indonesia, Jeffry Holidjaja beberapa saat lalu menegaskan bahwa totalitas Hyptec dalam menghadirkan kendaraan yang sesuai pangsa pasarnya menuai banyak pujian. Mengingat desain yang dibuat sangat elegan, berpadu dengan fitur-fitur terbaik.
Performa Ajib
Namanya mobil listrik, sudah pasti torsi dan tenaga adalah satu di antara sekian banyak sensasi yang bisa Anda dapatkan. Tenaga yang keluar hingga 250 kW atau setara dengan 340 PS, rasanya lebih dari cukup buat yang ingin menggebernya dengan kecepatan tinggi. Belum lagi tarikan torsinya sebesar 430 Newton Meter, membuat sensasi mobil sport sangat terasa.
Jangan khawatir dengan jarak tempuhnya, lantaran mobil ini bisa mencapai 620 km sekali perjalanan dari kondisi full di baterai berkapasitas 83 kWh. Artinya Anda bisa melakukan perjalanan lebih jauh sebelum mencari stasiun pengisian listrik umum. Bukan hanya performa penggeraknya yang mumpuni, namun juga performa peredaman kaki-kaki yang bekerja sangat baik. Ini tak terlepas dari rangka kendaraan yang menyatu dengan penempatan baterai.
Pada kondisi jalan mulus, sistem peredaman seperti dibuat rigid, sehingga tidak ada perasaan limbung ketika duduk di baris kedua. Sementara saat menjajal jalur berbatu, setup suspensi terasa berbeda dan empuk. Jangan khawatir jika menjajal jalan rusak akan membuat ban jadi bocor seperti jalan berbatu. Lantaran mobil ini dibekali dengan ban run flat tire (RFT) yang berteknologi tinggi.
Desain Kabin Simpel dan Fungsional
Pertama kali masuk ke kabin mobil ini, gaya desain Hyptec HT bisa dibilang sangat berkiblat ke Eropa. Memanfaatkan setiap lekukan jadi sebuah nilai artistik. Minimnya tombol-tombol untuk pengoperasian membuat semuanya terlihat jadi lebih sleek dan bersih. Desain kemudi yang berbentuk oval dan terlihat lebih mini, membuat pengendalian mobil ini sangat baik. Meski bodinya terlihat gambot dari mobil-mobil sekelasnya, namun radius putarnya sangat baik.
Terdapat 2 tombol yang menyerupai track ball, bisa digunakan untuk mengatur ragam kebutuhan pengemudi untuk kendaraan ini. Termasuk untuk pengaturan kaca spion. Sayangnya jika dibandingkan dengan trackball yang ada di AION V, di Hyptec tombolnya sedikit agak licin. Kemungkinan karena materialnya dari metal meski memiliki gerigi.
Lantaran mobil ini memaksimalkan semua fungsinya di layar in-car-tainment bagian tengah, tentu tidak banyak tombol-tombol yang bisa mengganggu pikiran pengemudi saat berkendara. Kemudian desain dashboard juga dibuat seminimalis mungkin namun aura elegannya sangat terasa. Begitu juga dengan jok, mulai dari jok depan hingga jok baris kedua semuanya punya fitur yang lengkap.
Fitur-FItur Mewah
Kemudian jok depan baik untuk pengemudi maupun untuk penumpang sudah dilengkapi dengan fitur pemijat seperti layaknya kursi pijat. Ini bisa dimanfaatkan ketika kondisi lelah dan ingin dipijat. Lalu mode jok juga bisa disesuaikan dengan lekuk sandaran terutama bagian pinggang yang diinginkan oleh pengemudi. Sehingga untuk perjalanan jarak jauh akan mengurangi perasaan capek.
Selain itu, jok bagian depan bisa juga diaktifkan dengan mode sofa yang memiliki penopang bagian betis. Bagian belakang juga tak kalah heboh, lantaran posisi jok bisa dibuat miring dengan 143 derajat. Jok belakang sebelah kanan memiliki fitur meja dari belakang jok pengemudi, sementara jok sebelah kiri memiliki sandaran kaki dari jok depan kiri. Fakta ini membuat baik pengemudi maupun penumpang bisa duduk dengan sangat nyaman dalam semua posisi.
Fitur yang juga bisa dimanfaatkan di mobil ini adalah Vehicle to Load (V2L) di mana pengguna dapat memanfaatkan daya dari mobil untuk menyalakan perangkat elektronik, seperti menyetel musik atau bermain game.
Kesimpulan
Untuk SUV listrik premium, keberadaan Hyptec HT ini rasanya lebih dari cukup untuk membuat Anda yang sedang mencari mobil listrik premium dengan gaya elegan. Ditawarkan dengan harga Rp691 juta OTR Jakarta, rasanya ini lebih dari cukup untuk membuat Anda bisa merasakan sensasi mobil SUV sport elegan tanpa embel-embel harga kemahalan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)