medcom.id: Hyundai Tucson 2016 ditarik (recall) untuk mengatasi masalah software yang bisa menonaktifkan akselerasi. Ini terjadi setelah rusaknya modul kontrol transmisi, sehingga penarikan berdampak terhadap 41 ribu unit mobil di Amerika.
Modul kontrol transmisi yang dipasok oleh Dymos Incorporated ini bertugas untuk mengendalikan perpindahan/pergeseran gigi, di tujuh kecepatan transmisi dual-clutch Tucson. Penyebab kerusakan modul diketahui karena pengaruh cuaca panas.
"Dalam suhu ruangan lebih tinggi dan kondisi operasi tertentu, akselesrasi mobil dapat terganggu karena sistem transmission clutch application logic tidak bekerja, terutama dari posisi berhenti," kata National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).
Menurut NHTSA, jika software ini secara mendadak menonaktifkan akselerasi kendaraan saat berjalan, akan berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. NHTSA menganggap Hyundai Amerika tak menyadari dampak kecelakaan, atau cidera yang berhubungan dengan masalah ini.
Mobil yang terkena dampak diproduksi antara 20 Mei 2015 hingga 31 Mei 2016, yang dilengkapi dengan tujuh kecepatan EcoShift transmisi dual-clutch. Untuk mengatasi masalah tersebut, dealer Hyundai negeri paman sam itu akan memprogram ulang komputer transmisi ini.
Meski tidak disebutkan apakah penarikan akan berpengaruh di Indonesia, ada baiknya bagi pemilik model tersebut untuk segera memeriksakan kendaraannya ke dealer, untuk mencegah dan mengantisipasi risiko kecelakaan.
medcom.id: Hyundai Tucson 2016 ditarik (
recall) untuk mengatasi masalah
software yang bisa menonaktifkan akselerasi. Ini terjadi setelah rusaknya modul kontrol transmisi, sehingga penarikan berdampak terhadap 41 ribu unit mobil di Amerika.
Modul kontrol transmisi yang dipasok oleh Dymos Incorporated ini bertugas untuk mengendalikan perpindahan/pergeseran gigi, di tujuh kecepatan transmisi
dual-clutch Tucson. Penyebab kerusakan modul diketahui karena pengaruh cuaca panas.
"Dalam suhu ruangan lebih tinggi dan kondisi operasi tertentu, akselesrasi mobil dapat terganggu karena sistem
transmission clutch application logic tidak bekerja, terutama dari posisi berhenti," kata National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).
Menurut NHTSA, jika
software ini secara mendadak menonaktifkan akselerasi kendaraan saat berjalan, akan berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. NHTSA menganggap Hyundai Amerika tak menyadari dampak kecelakaan, atau cidera yang berhubungan dengan masalah ini.
Mobil yang terkena dampak diproduksi antara 20 Mei 2015 hingga 31 Mei 2016, yang dilengkapi dengan tujuh kecepatan
EcoShift transmisi dual-clutch. Untuk mengatasi masalah tersebut,
dealer Hyundai negeri paman sam itu akan memprogram ulang komputer transmisi ini.
Meski tidak disebutkan apakah penarikan akan berpengaruh di Indonesia, ada baiknya bagi pemilik model tersebut untuk segera memeriksakan kendaraannya ke
dealer, untuk mencegah dan mengantisipasi risiko kecelakaan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)