Menurut putri Edwin Komenda, model Beetle yang diproduksi pada 2014 hingga seterusnya masih menampilkan elemen desain ayahnya. Carscoops
Menurut putri Edwin Komenda, model Beetle yang diproduksi pada 2014 hingga seterusnya masih menampilkan elemen desain ayahnya. Carscoops

Desain Volkswagen Beetle Sempat Diperebutkan

Otomotif volkswagen beetle volkswagen
Ekawan Raharja • 26 Juni 2019 08:21
Stuttgart: Volkswagen Beetle merupakan salah satu mobil yang sangat melegenda dan sudah terjual jutaan unit di seluruh dunia. Cuma siapa sangka jika ternyata dalam beberapa tahun belakangan, desain mobil untuk rakyat ini sempat diperebutkan.
 
Putri Erwin Komenda dan Volkswagen diketahui sempat bersitegang karena urusan hak cipta desain Beetle. Kasus ini dimulai ketika menggugat Volkswagen senilai USD5,7 juta atau sekitar Rp80,7 miliar.
 
Erwin Komenda memang diketahui sebagai salah satu pecipta desain Beetle bersama Ferdinand Porsche. Sehingga keluarga Komenda menilai ayahnya berhak atas kompensasi untuk desain Beetle.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut putri Edwin Komenda, model Beetle yang diproduksi pada 2014 hingga seterusnya masih menampilkan elemen desain ayahnya. Elemen yang digunakan dalam tiga generasi itu terjual lebih dari 22 juta unit selama lebih dari 70 tahun masa produksi.
 
Desain Volkswagen Beetle Sempat Diperebutkan
 
Pengadilan pun di gelar dengan memeriksa dua gambar pada 1934 yang diduga dibuat oleh Komenda, dan berakhir kepada penolakan tuntutan putri Komenda. Alhasil desain Beetle masih seutuhnya dimiliki oleh Volkswagen, dan tidak perlu membayar biaya kompensasi.
 
Kini Beetle juga sudah memasuki senjakala usianya. Volkswagen berencana mengakhiri mobil ikoniknya ini pada 2019.
 
Alasannya sudah jelas karena penjualan Beetle terus menurun. Salah satunya pasar di Amerika Serikat yang mulai beralih ke mobil-mobil berukuran besar seperti crossover dan SUV.
 
Selain itu Volkswagen juga sedang bangkit dari keterpurukan dari skandal dieselgate. Pabrikan asal Jerman ini juga mulai melakukan investasi yang sangat besar untuk mobil listrik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif