Hino Connect sudah terpasang pada kendaraan tahun produksi 2020, baik itu Dutro, Ranger dan Bus. Medcom.id/Ekawan Raharja
Hino Connect sudah terpasang pada kendaraan tahun produksi 2020, baik itu Dutro, Ranger dan Bus. Medcom.id/Ekawan Raharja

Teknologi Otomotif

Memanfaatkan Sistem Telematika untuk Efisiensi Bisnis

Otomotif teknologi otomotif hino
Ekawan Raharja • 08 Maret 2020 11:23
Jakarta: Penggunaan sistem telekomunikasi dan informatika (telematika) kini lumrah digunakan oleh sejumlah produsen otomotif, khususnya pemain kendaraan komersial, untuk meningkatkan efisiensi bisnis konsumen mereka. Teknologi ini coba dikembangan dengan berbagai model dengan kekuatan konektivitas yang bisa membentu kinerja operasional konsumen ke arah yang lebih menguntungkan.
 
Hino salah satu yang turut menghadirkan sistem telematika melalui Hino Connect berupa sistem komunikasi tanpa kabel berteknologi tinggi untuk membantu kinerja operasional bisnis konsumen. Hal ini didasari oleh keuntungan yang Hino Connect berikan kepada pelangan seperti mempermudah manajemen operasional, karena fitur di dalamnya terdapat Route Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien.
 
Keuntungan lainnya yang membantu bisnis konsumen lebih baik adalah kemudahaan manajemen pengemudi berupa fitur untuk Driver Assignment dan Score Card pengemudi yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar. karena fitur ini dapat melihat perilaku supir dalam berkendara sehingga menurunkan resiko kecelakaan dan melindungi asset milik pelanggan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir keuntungan yang pelanggan dapatkan adalah kemudahan dalam manajemen kendaraan. Terdapat fitur Service Reminder dan Vehicle Rule untuk itu perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu dan kendaraan terus terjaga dan terawat, bisnis semakin lancar, dan meningkatkan harga jual kembali.
 
Memanfaatkan Sistem Telematika untuk Efisiensi Bisnis
 
Fitur ini sudah terpasang pada kendaraan tahun produksi 2020, baik itu Dutro, Ranger dan Bus. Selain itu, fitur ini diberikan gratis selama 5 tahun baik itu perangkat, serta akses monitoring, dan reportingnya. Untuk data yang dihasilkan juga akan terjaga kerahasian dan keamanannya karena data pelanggan tersimpan di server khusus.
 
Bagi perusahaan yang memilki area operasional yang luas hingga kepelosok negeri yang minim jaringan internet, tidak perlu khawatir sebab jika data selular tidak tersedia maka data telematik akan tersimpan dalam memori internal hingga 21 hari dan akan dikirim ke server saat jaringan tersedia kembali. Teknologi ini juga didukung oleh tenaga khusus di seluruh dealer resmi yang saat ini sudah memiliki Hino Telematics Officer (HTO) yang siap melayani kebutuhan mengenai Hino Connect.
 
“Hino Connect dapat membantu pelanggan, melakukan perawatan rutin yang tepat waktu. Selain itu, pelanggan tidak hanya dapat melihat lokasi kendaraan melalui GPS tetapi juga catatan kendaraan ketika beroperasi. Dengan ini, kami memiliki tujuan untuk memaksimalkan waktu operasi kendaraan dan meminimalkan biaya operasional. Kami percaya fitur terbaru ini dapat berkontribusi bagi masyarakat Indonesia melalui kendaraan yang lebih aman dan nyaman,” Ungkap Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Takayuki Tsuchida, Sabtu (7/3/2020) GIICOMVEC 2020.
 
Selain Hino, teknologi ini juga dikembangkan oleh produsen kendaraan komersial lainnya seperti UD Trucks dan Mitsubishi Fuso. Teknologi yang ditawarkan serupa dan berguna untuk membantu konsumen mereka dalam meningkatkan bisnis. Namun penamaan sistem tersebut diberikan sesuai dengan pakem masing-masing brand.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif