Toyota & Hino berkolaboasi membuat truk di segmen heavy duty berteknologi hidrogen. Toyota
Toyota & Hino berkolaboasi membuat truk di segmen heavy duty berteknologi hidrogen. Toyota

Mobil Ramah Lingkungan

Rencana Toyota & Hino Membuat Truk Ramah Lingkungan

Otomotif toyota kendaraan ramah lingkungan hino
Ekawan Raharja • 27 Maret 2020 17:53
Tokyo: Tren pengembangan kendaraan ramah lingkungan terus berkembang, tidak hanya untuk kendaraan berukuran kecil saja seperti sepeda motor namun termasuk kendaraan kelas berat seperti truk. Toyota dan Hino pun memiliki mimpi untuk menghadirkan truk kelas berat yang ramah lingkungan di masa depan.
 
Menurut keterangan resmi Toyota, Kedua perusahaan ini bahkan telah sepakat untuk bersama-sama mengembangkan truk berat berbahan bakar rendah emisi atau heavy-duty fuel cell truck. Hal ini bisa saja terjadi karena Toyota memang memiliki saham di Hino sebagai spesialis produsen truk.
 
Truk yang akan dikembangkan ini nantinya akan mengusung teknologi hidrogen. Bahkan mereka meyakini bahwa truk ini nantinya bukan hanya sekadar kendaraan konsep, namun sudah mencapai tahapan kendaraan untuk produksi massal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Toyota dan Hino bertekad mengambil tindakan proaktif menuju penyelesaian masalah lingkungan global sebagai salah satu tugas perusahaan yang paling penting," demikian keterangan resmi tersebut.
 
Komitmen dua merek asal Jepang harus diakui sebagai manifestasi dari komitmen mereka mengurangi emisi CO2 pada 2050. Untuk mencapai pengurangan lebih lanjut dalam emisi CO2, pengembangan masif diperlukan untuk truk berat, kendaraan yang menyumbang sekitar 60 persen dari total emisi CO2 dari kendaraan komersial di Jepang.
 
Soal teknologi hidrogen yang akan digunakan, nantinya bisa saja truk ini akan mengaplikasikan teknologi fuel cell yang sudah diaplikasi di Toyota Mirai, namun dengan ukurannya lebih besar. Kemudian demi mencukupi operasional dan nilai ekonomis penggunanya, jarak jelajah truk ini akan mencapai 600 kilometer sebagai standarnya.
 
"Toyota dan Hino telah memposisikan hidrogen sebagai sumber energi penting untuk masa depan dan telah bekerja sama dalam mengembangkan teknologi dan menyebarkan dan berinovasi kendaraan fuel cell selama lebih dari lima belas tahun sejak uji coba demonstrasi bersama mereka dari bus sel bahan bakar pada tahun 2003. Ke depan, Toyota dan Hino akan semakin memperkuat kemitraannya dan mempercepat upaya menuju terwujudnya itu."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif