New Datsun GO Naik Kelas
New Datsun Go CVT sudah bukan LCGC lagi. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Datsun memberikan banyak improvisasi untuk New Go. Sebuah mobil mungil yang sudah naik kelas, sedari low cost green car (LCGC) menjadi citycar.

"Kalau New Go transmisi manual masih LCGC, sedangkan New Go CVT sudah bukan LCGC," ungkap Head of Datsun Indonesia, Masato Nakamura, di Empirica Jakarta, saat peluncurannya Mei 2018.

Lantas tim redaksi Medcom.id penasaran seberapa banyak improvisasi yang ditawarkan? Kami pun langsung membawa New GO T-Active CVT berkeliling Jakarta untuk merasakan sensasinya.


Eksterior

Secara keseluruhan New Go memiliki bentuk body yang tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya. Catatan panjangnya 3.788 mm, lebar 1.636 mm, tinggi 1.507 mm, dan wheelbase 2.450 mm.

Sekilas kesan yang ditawarkan New Go lebih sporty dengan sejumlah ubahan detail. Sebut saja ubahan di bumper baru, grill dengan motif honey comb yang lebih besar, aero kits, hingga spoiler belakang dengan high stop lamp. Kemudian jangan lupakan day light LED di bagian bumper.

Di bagian kaki-kaki masih menggunakan pelek palang 14 inci. Beberapa detail pemanis lainnya seperti exhaust finisher, rear scuff plate, dan lampu sein di spion samping menjadi pemanis yang menegaskan kesan sporty.

Ukurannya yang terbilang ringkas dan gayanya nan sporty cukup menarik. Kami menilai komponen detail yang disematkan cukup proposional dan cocok untuk gaya sporty-nya New Go.

Interior

Suasana kabin banyak berubah ketika masuk ke dalam New Go. Beberapa ubahan lay-out turut mempengaruhi suasana di dalam kabin.

Sebagai contoh jika dulu jok depan antara penumpang dan pengemudi menyatu, kini sudah terpisah. Di tengahnya ada konsil tengah untuk meletakan minum, dan tuas rem parkir.

New Go CVT memiliki perseneling yang berada di tengah, di bawah konsol AC dan head unit. Pembaruan juga juga terdapat di desain dasbor, cluster meter, dan nuansa interior.

Sayangnya untuk kisi-kisi ac di depan samping masih menggunakan model bulet yang lama. Begitu juga setir yang tidak banyak berubah, masih mengandalkan desain nan minimalis.

Sensasi Berkendara

Ketika membuka dan menutup pintu pengemudi, terdengar suara yang lebih nyaman karena penggunaan karet-karetnya lebih tebal dibandingkan sebelumnya. Cuma pengemudi harus memperhatikan ketika menutup pintunya karena harus bertenaga atau pintu tidak tertutup sempurna.

Duduk pertama kali jok pengemudi, desain jok terasa nyaman. Untuk pengemudi dengan badan 165 cm dan 65 kg terasa menahan punggung dengan baik.

Kepala pun bisa bersandar di head rest dengan nyaman meski desainnya menyatu dengan jok. Kondisinya mungkin akan sedikit berbeda bagi orang yang lebih tinggi atau lebih pendek karena head rest tidak bisa diatur posisinya.

Kemudian untuk driver tester kami juga tidak bisa mendapatkan posisi menyemudi yang baik. Karena lekukan panel dashbor di bagian cluster meter dan setir sedikit menghalangi pandangan mengemudi.

Jok memang bisa di reclining sandaranya dan bisa dimaju mundurkan posisinya. Tetapi ketinggian jok tidak bisa diatur, begitu juga dengan setir yang diatur ketinggian atau panjangnya.

Catatan sedikit mengenai setir, khususnya bagian di balik cover klakson. Bagian pinggir cover klakson ini sedikit menonjol terhadap lingkar kemudi, dan pinggirannya terasa tajam. Alangkah lebih baiknya jika Datsun membuat penggirannya ini lebih halus.

Kemudian untuk beberapa bagian di desain cukup nyaman dan mudah untuk digapai. Semisal tuas perseneling di tengah, kemudian power window, central lock, dan electric mirror harus diakui sangat fungsional di mobil citycar ini. Belum lagi banyak kompartemen penyimpanan barang di bawah setir, di konsol tengah, trim pintu, dan atau glove box.

Perlu diperhatikan lagi mengenai tuas persenelingnya. Bagi driver tester terasa keras dan kasar ketika pengoperasiannya. Pengemudi tentu akan merasa lebih nyaman jika operasi tuas ini lebih halus dan lembut, seperti di mobil-mobil Nissan.

Nilai lebih perlu diberikan berkat penyematan layar hiburan 2din 6,75 inci. Cuma untuk koneksi dengan kabel USB hanya mendukung program iOS, sedangkan android hanya bisa terkoneksi dengan Bluetooth.

Menjajal bagasinya juga lega. Kami berhasil memasukan dua koper cabin size dan sebuah koper ukuran besar sekitar 24 inci dengan mudah. Jika masih kurang lega, jok belakang bisa dilipat dan menambah ruang bagasi.

Performa

Urusan dapur pacu masih mengandalkan mesin tiga silinder 1.200 cc. Hanya saja untuk varian CVT ini tenganya di dongkrak mencapai 76 daya kuda dan torsi 104 nm.

Efeknya sangat terasa, mobil menjadi lebih responsif dan juga bertenaga. Datsun tentu membuat putaran bawah New Go sangat berisi karena statusnya sebagai citycar. Diperlukan tenaga yang responsif di tenaga di putaran bawah supaya bisa melewati kondisi jalan stop & go lebih mudah.

Ketika mobil di pacu di atas 3.000 rpm, terasa mesin mulai meraung dan kecepatan meningkat mulai perlahan. Jadi kenikmatan mobil ini berada di ketika mesin berada di putaran bawah.

Peningkatan tenaga juga diimbangi dengan perombahan suspensi. Rasanya, suspensinya bekerja lebih baik meredam manuver-manuver New Go di jalan. Hanya saja suspesi bagian belakangan terasa lebih kaku, sehingga bantingan penumpang di belakang terasa lebih keras juga.

Kesimpulan & Harga

Kami menilai New Go sudah mendapatkan banyak ubahan yang lebih baik. Di eksterior, interior, fitur, hingga performa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Hanya saja perlu diperhatikan untuk beberapa bagian detailnya. Pinggiran cover klakson di setir bisa di buat lebih halus, karet-karet di pintu mobil bisa dipertebal, dan serta transmisi bisa dibuat lebih lembut ketika dioperasikan.

Di Indonesia, jelas hanya All New Honda Brio yang menjadi lawan sepadan. Sama-sama citycar lima penumpang dengan teknologi CVT.

Harga New Datsun Go (on the road Jakarta)
New Datsun GO D - MT         Rp. 102,990,000
New Datsun GO A - MT         Rp. 110,990,000
New Datsun GO T - MT         Rp. 122,990,000
New Datsun GO T-ACTIVE - MT    Rp. 126,690,000
New Datsun GO A - CVT         Rp. 126,490,000
New Datsun GO T - CVT         Rp. 138,490,000
New Datsun GO T-ACTIVE CVT      Rp. 142,190,000



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id