Neta X. Neta
Neta X. Neta

Modernisasi Neta X Perlu Diimbangi dengan Adaptasi Mengemudi

Ekawan Raharja • 20 September 2024 08:45
Jakarta: Neta X menjadi mobil listrik yang bakal meluncur di Indonesia. Test driver menilai para pemilik mobil ini bakal banyak mengalami adaptasi ketika mengemudikannya.
 
Tim medcom.id mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung X untuk berkeliling Jakarta. Kali ini perjalanan di mulai dari Kelapa Gading di Jakarta Utara, kemudian berpindah ke Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, berlanjut ke PIK 2 di Tangerang, dan kembali ke lokasi awal.
 
Dari segi ukuran, X memiliki dimensi 4.619 mm x 1.860 mm x 1.628 mm (PxLxT) untuk 5 orang penumpang dengan bagasi yang bisa dimaksimalkan hingga 1.388 L. Ukuran X jauh lebih lega dari Neta V - II, dan bisa menjadi lawan yang sepadan untuk MG4 EV atau Chery Omoda E5.

Modernisasi Neta X Perlu Diimbangi dengan Adaptasi Mengemudi
 
Interiornya juga nyaman karena interiornya sudah dilapisi bahan soft leather dan Alcantara. Pada bagian depan, sudah dilengkapi dengan wireless phone charging, intelligent central control screen dengan ukuran 15.6 inch yang tampilannya dapat diatur menjadi split-screen design, dan floating D-shaped Steering Wheel.
 
Uniknya di area dashboard sudah tidak ada lagi tombol untuk berbagai pengaturan. Semua sudah dimasukan ke dalam perintah di layar tengah, bahkan untuk mematikan mobil hingga AC diakses melalui layar. Baik sopir dan penumpang depan harus menghapalkan beragam fitur yang ada di dalam head unit, dan bagaimana cara mengoperasikannya.
 
Baca Juga:
Mengenal Konsep EV Centre dari Periklindo

 
Performa X dibekali Power 120kW dengan torsi 210 Nm dan kapasitas baterai NETA X hingga 63.56 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 480 km dalam sekali pengisian daya.
 
Modernisasi Neta X Perlu Diimbangi dengan Adaptasi Mengemudi
 
Kemudian untuk suspensi X terasa lebih nyaman karena pihak pabrikan sudah melakukan setting-an secara khusus. Terasa bantingan mobil terasa lebih nyaman, ayunan suspensi lebih baik dan lebih baik menyerap guncangan, sehingga minim body roll selama perjalanan.
 
Selanjutnya, X sudah dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang mencakup Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Departure Warning (LDW), Lane Changing Assist with BSD, Door Opening Warning (DOW), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Full-Speed Adaptive Cruise Control (ACC, Lane Keep Assist (LKA), Traffic Jam Assist (TJA), Intelligent Cruise Assist (ICA), Traffic Sign Recognition (TSR), High Beam Assist (HBA), dan Emergency Lane Keep System (ELKS).
 
Nah di sini, sopir harus tetap waspada dan memang setir sepenuhnya meski sudah ada ADAS. Karena ketika perjalanan, ADAS yang ada di X begitu sensitif dan ketika melakukan koreksi ke setir terasa sangat kasar. Tidak jarak koreksi setir yang dilakukan oleh ADAS mengagetkan sopir selama perjalanan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan