Ternyata umur oli mesin bisa dipengaruhi juga oleh kualitas bahan bakar. Hyundai
Ternyata umur oli mesin bisa dipengaruhi juga oleh kualitas bahan bakar. Hyundai

Mesin Mobil dan Motor Performa Tinggi, Wajib Pakai Pelumas yang Baik

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 28 November 2019 17:47
Jakarta: Mobil-mobil bermesin bakar solar, kini banyak yang punya jenis performa tinggi. Beberapa mobil penumpang yang dibekali dengan mesin diesel, dipastikan butuh asupan bahan bakar solar berkualitas tinggi.
 
Tapi untuk mendukung performa mesin diesel lebih optimal tidak hanya bergantung pada bahan bakarnya (solar) saja. Pelumas yang optimal jadi salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan, terutama jika solar yang tersedia masih menggunakan standar Euro2 seperti di Indonesia.
 
Tak hanya mobil diesel, mobil bensin yang memiliki mesin berperforma tinggi juga perlu mendapat perlakuan yang sama jika ingin perfroma mesinnya lebih optimal, harus mendapat pelumas yang baik pula.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau untuk mobil diesel kita kan baru Euro2, Eropa sudah Euro5 atau Euro6. Karena bahan dieselnya jelek maka sulfurnya tinggi, dan akan mempengaruhi performa dari pada engine. Untuk mengcounter masalah sulfurnya, makanya oli harus ditingkatkan. Bahan bakar penting, kalo ada kerusakan yang dilihat sulfunya, makanya perlu namanya oli yang bagus," kata Automotive National Sales Manager PT. Gulf Oil Lubricants Indonesia (GOLI) Davy Lansoen Tjoman di Jakarta, Kamis (28/11/2019).
 
Demi memenuhi kebutuhan itu semua, mereka kembali meluncurkan dua varian produk untuk mobil dan satu produk untuk motor andalan mereka, yang masing-masing diklaim punya keunggulan berbeda dan diformulasikan khusus untuk kondisi market di Indonesia yang kondisinya memiliki kualitas bahan bakar yang masih relatif rendah, kondisi pengendaraan di dalam kota yang penuh kemacetan (stop and go) dan cuaca yang panas.
 
Mesin Mobil dan Motor Performa Tinggi, Wajib Pakai Pelumas yang Baik
 
"Masing-masing memiliki keunggulan dan peruntukan yang berbeda, unluk mesin bensin maupun diesel kami coba tawarkan. Sedangkan untuk motor kami menyasar ke motor berjenis skutk premium. Untuk kendaraan bertipe low Cost green car pun kami sediakan, dari ketiga oli tersebut sudah disesuaikan dengan iklim di negara kita, sehingga tingkat penguapan akibat suhu mesin terlalu panas pun dapat diminimalisir," sambung Managing Director PT GOLI, Adi Tjahjono.
 
Pelumas mobil bermesin bensin memiliki label Ultrasynth X 5W-30 SN ECO API SN, ILSAC GF-5. Oli ini memiliki konfigurasi API service SN dengan kekentalan 5W-30, oli ini mengedepankan sisi ekonomis. Hal ini disebabkan oleh interval penggantian yang panjang yakni 10.000 km lebih. Salah satu keunggulan lain, oli ini memiliki salah satu komponen unik yang membuat pelumasan maksimal di saat suhu mesin ideal, hal tersebut berimbas pada efisiensi bahan bakar. "Cocok digunakan untuk mobil LCGC, MPV yang memiliki jam terbang tinggi," klaim Davy.
 
Sedangkan khusus untuk mobil diesel premium yang dilabeli Tec TD Supreme 5W-30. Oli mesin diesel premium ini menyasar mobil merek Jepang seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero atau lainnya yang memiliki formula dengan range API service CJ-4 yang saat ini merupakan salah satu tingkatan tertinggi dalam mesin bertipe bahan bakar solar. "Keunggulan oli mulai terasa saat mesin berakselerasi. Sensasi tarikan spontan bisa langsung terasa. Dirancang untuk semua mesin diesel mula dan CRDI, turbocharced, naturaly aspirated sampai dengan multivalve dengan kemampuan tahan terhadap asupan sulfur yang tinggi pada bahan bakar solar," urai Davy.
 
Pelumas Khusus Motor Matic Premium
Terakhir pelumas lansiran pabrikan asal Amerika khusus motor lahir dengan label Pride Scooter 1OW-30 (Fully synthetic), API SL JASO MB. Oli ini dengan spesifikasi SAE 10W- 30 ini disebut cocok dengan motor skutik premium atau 125 cc ke atas yang memiliki kinerja tinggi, karena juga diklaim dapat menjaga penguapan tetap rendah di saat suhu kena mesin dalam keadaan optimal, serta tingkat friksi yang rendah dan tidak meninggalkan residu atau penggumpalan.
 
Pride Scooter 1OW-30 (Fully synthetic) dibanderol harga RpRp75 ribu per liter. Gulf Ultrasynth X 5W-30 SN ECO API SN, ILSAC GF-5 Rp105 ribu per liter dan Gulf Tec TD Supreme 5W-30 Rp195 ribu per liter. Tentu ini akan meramaikan persaingan di kelas pelumas matic yang sebelumnya diisi Federal Matic Ecomaxx dan Shell Advance Ultra yang menyasar skutik premium.
 
Apalagi ada juga Magnetec Stop-Start 0W-20 dan Deltalube dengan spesifikasi 0W-20. Sementara lainnya ada TOP1 Zenzation Diesel dan Castrol Magnatec SAE 10W/40 untuk mesin diesel.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif