Jakarta: Persaingan dealer mobil, untuk mobil baru ataupun bekas, kini begitu kompetitif. Selain soal mobil yang ditawarkan, ternyata layanan menjadi aspek yang tidak kalah penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis.
Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan, menyebutkan pelayanan tenaga penjual kepada konsumen menjadi kesan pertama konsumen dalam pembelian mobil. Terlebih saat penghantaran unit, saat-saat itu menjadi momen yang saat berkesan sehingga pelanggan harus dilayani dengan baik.
“Bagi banyak orang, momen ketika menerima mobil itu punya cerita tersendiri. Misalnya harus menabung dulu cukup lama, harus panen sekian lama, sampai akhirnya mengambil (membeli) mobil. Belum lagi mereka harus pikirkan kreditnya,” kata Martogi Sabtu (18-12-2022) di Kawasan Jalan Sudirman Jakarta.
Oleh sebab itu, dealer resmi untuk mobil Toyota tersebut inginan para wiraniaga mereka tidak hanya sekadar menjalankan standar operasional yang sudah ditetapkan. Martogi ingin para tenaga penjual memberikan nilai lebih untuk memberikan kesan yang menyenangkan bagi konsumen.
"Seperti yang kita ketahui, tantangan bisnis ke depan akan semakin ketat di tengah kompetisi yang semakin agresif, untuk itu kami perlu memastikan wiraniaga memiliki skill dan kompetensi yang memadai sehingga dapat memberikan value lebih sebagai diferensiasi layanan, dan ini bisa menjadi competitiveness dibanding kompetitor," lanjut Martogi.
Perusahaan kemudian menggelar program kontes Delivery Explanation to Customer (DEC). Program ini dilakukan secara bertahap mulai dari seleksi pertama yang diikuti seluruh wiraniaga pada 126 cabang Auto2000 di Indonesia. Kemudian pemenang di cabang masuk untuk mengikuti kontes di tingkat area dan terakhir tersaring 18 finalis untuk mewakili area masing-masing.
Para finalis kembali mengikuti kontes pada tanggal 16-17 Desember 2022 untuk terpilih menjadi 3 terbaik pada DEC Contest 2022 di Jakarta. Pemenang kontes diharapkan dapat menjadi role model dalam proses DEC kepada pelanggan dan menjadi benchmark bagi wiraniaga/sales force di cabang.
Jakarta: Persaingan dealer mobil, untuk mobil baru ataupun bekas, kini begitu kompetitif. Selain soal mobil yang ditawarkan, ternyata layanan menjadi aspek yang tidak kalah penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis.
Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan, menyebutkan pelayanan tenaga penjual kepada konsumen menjadi kesan pertama konsumen dalam pembelian mobil. Terlebih saat penghantaran unit, saat-saat itu menjadi momen yang saat berkesan sehingga pelanggan harus dilayani dengan baik.
“Bagi banyak orang, momen ketika menerima mobil itu punya cerita tersendiri. Misalnya harus menabung dulu cukup lama, harus panen sekian lama, sampai akhirnya mengambil (membeli) mobil. Belum lagi mereka harus pikirkan kreditnya,” kata Martogi Sabtu (18-12-2022) di Kawasan Jalan Sudirman Jakarta.
Oleh sebab itu, dealer resmi untuk mobil Toyota tersebut inginan para wiraniaga mereka tidak hanya sekadar menjalankan standar operasional yang sudah ditetapkan. Martogi ingin para tenaga penjual memberikan nilai lebih untuk memberikan kesan yang menyenangkan bagi konsumen.
"Seperti yang kita ketahui, tantangan bisnis ke depan akan semakin ketat di tengah kompetisi yang semakin agresif, untuk itu kami perlu memastikan wiraniaga memiliki skill dan kompetensi yang memadai sehingga dapat memberikan value lebih sebagai diferensiasi layanan, dan ini bisa menjadi competitiveness dibanding kompetitor," lanjut Martogi.
Perusahaan kemudian menggelar program kontes Delivery Explanation to Customer (DEC). Program ini dilakukan secara bertahap mulai dari seleksi pertama yang diikuti seluruh wiraniaga pada 126 cabang Auto2000 di Indonesia. Kemudian pemenang di cabang masuk untuk mengikuti kontes di tingkat area dan terakhir tersaring 18 finalis untuk mewakili area masing-masing.
Para finalis kembali mengikuti kontes pada tanggal 16-17 Desember 2022 untuk terpilih menjadi 3 terbaik pada DEC Contest 2022 di Jakarta. Pemenang kontes diharapkan dapat menjadi role model dalam proses DEC kepada pelanggan dan menjadi benchmark bagi wiraniaga/sales force di cabang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)