Daihatsu Rocky Hybrid. Daihatsu
Daihatsu Rocky Hybrid. Daihatsu

GIIAS 2022

Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid

Ekawan Raharja • 19 Agustus 2022 09:00
BSD City: Daihatsu mempertegas visi elektrifikasi mereka di masa depan dengan menghadirkan Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle), bersanding dengan Ayla BEV. Mobil ini menawarkan teknologi elektrifikasi untuk meningkatkan performa dan menekan emisi gas buang melalui penggunaan sistem seri.
 
Rocky HEV menerapkan teknologi e-SMART Hybrid yang telah diluncurkan di pasar domestik Jepang pada November 2021, lalu mengadopsi sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama. Adapun varian Rocky yang ditampilkan pada GIIAS ini adalah varian X HEV 2 WD.
 
Pada mesin Rocky Hybrid, jenama asal Jepang itu menyematkan mesin baru 1.200 cc dengan 3 cylinder (tipe WA-VEX) yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari. Kombinasi ini diklaim akan memberikan akselerasi yang lebih responsif, efisiensi bahan bakar optimal, serta memiliki harga terjangkau dan kompetitif di kelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, SUV Compact ini juga memiliki desain mekanisme yang ringkas di mana Transaxle (transmisi yang digunakan untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan FF) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel, sehingga menghasilkan desain yang ringkas. Bobot kendaraan juga berkurang dan lebih ringan berkat penyematan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.
 
Dalam hal keselamatan dan keamanan, Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed dan stop.
 
Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Pada bagian lainnya, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda ketika dalam kondisi menikung apabila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur, sehingga tetap aman dan nyaman ketika berkendara.
 
Dalam hal pilihan, di Jepang Daihatsu Rocky Hybrid tersedia dalam 2 varian, yakni X HEV, dan Premium G HEV. Kira-kira yang mana cocok untuk ditawarkan ke konsumen di Indonesia?
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif