Pilih material cover jok yang sesuai dengan selera dan kocek kantong. Karllson
Pilih material cover jok yang sesuai dengan selera dan kocek kantong. Karllson

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memodifikasi Jok Mobil

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 29 Oktober 2019 09:42
Jakarta: Personalisasi kendaraan tidak hanya dilakukan di sektor eksterior, namun juga bisa dilakukan di sektor interior kendaraan. Termasuk memperindah bagian kabin dengan cara menambahkan aksesoris, seperti memasang saruk jok (cover jok).
 
Pemakaian sarung jok banyak dilakukan oleh pemilik mobil karena untuk mempercantik tampilan interior. Selain itu, cover jok yang dipasang membantu melindungi jok asli dari kotoran dan mudah dibersihkan.
 
Namun ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memasang cover jok. Dilansir website Suzuki, berikut beberapa panduan yang perlu diperhatikan sebelum memasang cover jok mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilihan Bahan
Pilihlah bahan yang sesuai selera, tapi tetap memperhatikan kualitas dari bahan yang akan dipilih. Umumnya, bahan yang sering digunakan sebagai cover jok adalah kulit asli dan semi kulit (kulit sintetis).
 
Menggunakan bahan kulit untuk melapisi jok banyak di lakukan oleh para pemilik kendaraan. Namun jangan sampai terkecoh dengan bahan kulit buatan yang banyak dijual di pasaran.
 
Hal pertama untuk memeriksa keaslian kulit jok, berdasarkan bau kulit. Biasanya kulit asli memiliki bau sedikit amis, sedangkan kulit sintetis akan tercium bau karet. Saat diraba, kulit asli memiliki tekstur lebih kasar ketimbang kulit asli.
 
Meski harganya lebih mahal, bahan kulit asli punya cukup banyak kelebihan, seperti tingkat kenyamanan, kelembutan yang baik serta tampak lebih mewah. Tetapi tidak perlu dipaksakan jika memang budget tidak mencukupi. Solusinya Anda bisa menggunakan kulit sintetis.
 
Pemilihan Model
Pemilihan model cover jok mobil umumnya menyesuaikan dengan keinginan pemilik mobil dan kondisi kabin mobil. Anda harus memperhatikan detail model cover jok mobil yang Anda pilih, seperti motif jahitan dan pemilihan warnanya. Pilih warn cover jok yang sesuai dengan kabin mobil untuk tampilan yang terlihat lebih elegan.
 
Pilih Merek dan Bengkel Jok Terpercaya
Pemilihan merek cover jok mobil sebaiknya juga Anda jadikan pertimbangan, karena bisa berpengaruh pada tingkat keawetan cover jok. Cari informasi sebanyak mungkin agar bisa dijadikan referensi, atau bisa langsung bertanya dan diskusi pada bengkel pembuat cover jok. Pastikan juga bengkel jok yang Anda pilih memiliki kualitas menjahit dengan bagus agar tidak mengecewakan Anda.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif