?Hyundai HDC-6 Neptune Concept truk bertenga hidrogen. Carscoops
?Hyundai HDC-6 Neptune Concept truk bertenga hidrogen. Carscoops

Hyundai HDC-6 Neptune Concept Sasar Pasar AS

Otomotif mobil konsep hyundai
M. Bagus Rachmanto • 30 Oktober 2019 07:41
Amerika Serikat: Tren kendaraan ramah lingkungan menggunakan tenaga listrik tidak hanya menyasar segmen mobil penumpang. Teknologi tersebut juga menyentuh ke semua segmen, termasuk kendaraan komersial.
 
Dilaporkan Carscoops, pabrikan mobil Korea, Hyundai telah memperkenalkan kendaraan komersial konsepnya, yakni HDC-6 Neptune concept. Model konsep ini mereka perkenalkan di North American Commercial Vehicle Show di Atlanta, Amerika Serikat (AS), awal Oktober lalu.
 
Menurut perusahaan, penciptaan truk ini bagian dari strategi Hyunddai yang mulai menjajaki peluang untuk mencoba peruntungannya di pasar kendaraan komersial AS. konsep Neptunus HDC-6 terlahir sebagai truk semi heavy-duty jarak menengah kelas 8 yang menggunakan hidrogen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain powertrain ramah lingkungan, yang menarik dari konsep ini adalah desainnya yang menampilkan desain Art Deco yang terinspirasi dari kereta api streamliner era 1930-an. Secara khusus, perusahaan mengungkapkan sebagai bagian dari karya desainer industri Henry Dreyfuss yang menciptakan kereta yang menarik untuk New York Central Railroad.
 
Secara visual, penampakan bagian depan HDC-6 Neptune concept didominasi oleh kaca depan besar dengan desain mengalir ke kabin. HDC-6 Neptune concept juga dilengkapi dengan spion samping digital yang tersambung ke kamera yaang menampilkan gambar pada bingkai unik di dalam kabin.
Hyundai HDC-6 Neptune Concept Sasar Pasar AS
Art Deco design merancang HDC-6 Neptune concept sesuai dengan penggunaan dan fungsi. Semua yang diaplikasikan di HDC-6 Neptune concept bukan sekedar aksesoris semata. Contohnya gril fungsional yang bisa di buka-tutup dan dilipat ke bagian yang tersembunyi, sehingga lebih rapih nyaris tidak terlihat.
 
Hyundai belum memberikan bocoran soal spesifikasi kinerja. Namun, perusahaan mengisyaraktan penggunaan fuel cell/ser bahan bakar sangat cocok untuk truk heavy duty ini, dengan kemampuan jangkauan yang lebih jauh dan dan kemampuan daya angkut lebh banyak. "Waktu pengisian bahan bakar yang lebih sedikit dan pada akhirnya biaya yang lebih rendah." kata Hyundai.
 
Selain memamerkan HDC-6 Neptunus, Hyundai juga meluncurkan trailer Nitro ThermoTech mereka. Dikembangkan bersama dengan Air Liquide, ThermoTech adalah trailer berpendingin yang menggunakan sistem pendingin nitrogen kriogenik. Perusahaan mengatakan trailer itu mendingin lebih cepat daripada unit pendingin tradisional dan hampir tanpa suara. Trailer ini juga lebih ramah lingkungan dan menampilkan "panel busa sandwich struktural" yang ditutupi oleh kulit polimer yang diperkuat serat. Hyundai mengatakan desain meningkatkan kekuatan dinding dan efisiensi termal, sementara juga mengurangi berat.
 
Tak hanya Hyundai, di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, salah satunya produsen truk komersial asal Jepang, Hino menampilkan Hino Flat Former dan Hino Profia Hybrid.
Hino Flat Former merupakan platform truk listrik dengan konsep 'mobility forever'. Bentuk baknya bisa disesuaikan sesuai keinginan industri.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif