Aksi T2 Motorsport di Asian LeMans 2019/2020 di Australia. T2 Motorsports
Aksi T2 Motorsport di Asian LeMans 2019/2020 di Australia. T2 Motorsports

Cuaca Jadi Tantangan Rio Haryanto Selama di Asian LeMans Australia

Otomotif balap mobil rio haryanto
Ekawan Raharja • 13 Januari 2020 14:19
Tailem Bend: T2 Motorsport yang diperkuat Rio Haryanto dan David Tjipto, melanjutkan perjuangan mereka Asian LeMans Series 2019/2020 putaran kedua di Australia. Tentu saja balapan ketahanan yang diikuti oleh mereka sangat menguras fisik dan terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi selama balapan berlangsung.
 
Rio Haryanto menjelaskan kondisi cuaca di Sirkuit The Bend Motorsport Park, Australia, cukup terik dan menjadi tantangan tersendiri. Bahkan disebutkan bahwa panasnya di sana mencapai 40 derajat celcius dan pembalap harus bertahan dari dehidrasi selama balapan berlangsung.
 
“Kami harus memperhatikan asupan air demi ketahanan fisik. Kami juga harus konsentrasi penuh menghadapi 35 tikungan di setiap putaran,” katanya melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tentu tidak mudah untuk bertahan di dalam mobil, dimana David Tjipto melakoni balapan selama 40 menit, Rio Haryanto selama 1 jam 40 menit, dan Christian Colombo berjibaku selama 1 jam 20 menit terakhir. Alhasil mereka harus balapan selama 4 jam dan menghadapi lintasan permanen terpanjang di dunia yang telah tersertifikasi oleh FIA dengan panjang 7,7 km dengan 34 tikungan menantang.
 
Cuaca Jadi Tantangan Rio Haryanto Selama di Asian LeMans Australia
 
"Selain itu, kami juga harus konsentrasi penuh untuk menghadapi 35 tikungan di setiap lapnya,” ujar Rio Haryanto.
 
Kegiatan balap dimulai pada Minggu (12/1/2020) pukul 13:00 waktu setempat dan diwarnai oleh cuaca yang cukup terik. Berdasarkan hasil babak kualifikasi Sabtu (11/1/2020) lalu, T2 Motorsports menempati posisi ke-4 di grid.
 
David Tjipto menjadi pembalap pertama dan berhasil menyalip 2 mobil Ferrari di depannya, sehingga berhak memperoleh posisi kedua sebelum pergantian driver dengan Rio Haryanto. Selanjutnya giliran Rio sebagai pembalap kedua dan ketiga diisi oleh Christian Colombo.
 
Sayangnya mereka tidak dapat mempertahankan posisi karena banyak kecelakaan dan keluar safety car memandu balapan, sehingga posisinya turun menjadi ketiga. Bertahan di posisi ke-3 hingga 3 menit terakhir, T2 Motorsports harus rela turun posisi keempat setelah dikibarkannya bendera kuning sebanyak dua kali karena kecelakaan yang terjadi.
 
“Pertandingan hari ini belum membuahkan hasil yang maksimal untuk kami, namun kami semakin percaya diri. Apalagi pembalap kami, Rio menjadi sorotan untuk perolehan waktunya di sesi free practice ke-2 kemarin dengan catatan waktu 2 menit 59,576 detik” ungkap Team Principal T2 Motorsports Irmawan Poedjoadi.
 
Jadwal Asian Le Mans Series 2019/2020:
14-15 Februari 2020: Sepang International Circuit, Malaysia
21-23 Februari 2020: Buriram Chang International Circuit, Thailand
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif