Citroen Oli. Citroen
Citroen Oli. Citroen

Mobil Konsep

Citroen Kembangkan Atap Mobil Dari Karton, Anti Meleot Kok!

Ekawan Raharja • 04 Oktober 2022 11:00
Jakarta: Citroen Oli merupakan sebuah mobil konsep dengan tujuan penggurangan penggunaan material logam. Bahkan untuk atapnya diketahui dibuat menggunakan kardus.
 
Tetapi tenang saja, kardus yang digunakan bukan bahan sembarangan. Para insinyur pabrikan otomotif asal Perancis tersebut menyusunnya dengan bentuk sarang lebah yang dilapisi plastik setiap sisinya, sehingga tahan air dan kuat menopang beban dengan bobot tertentu.
 
"Ini lebih dari sekadar mobil konsep seperti yang biasa Anda lihat," kata Direktur Produk Masa Depan Citroen, Anne Laliron, kepada Reuters.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengembangan material kardus khusus ini juga menggandeng perusahaan kimia asal Jerman BASF.
 
Inovasi lainnya yang ditunjukan adalah penggunaan kaca yang rata. Desain ini diaplikasikan demi menghemat material dan bobot komponen.
 
Tentu saja penggunaan kaca dengan desain rata ini tergolong unik. Alih-alih Oli pun lebih tampak sebuah mobil dari masa depan.
 
"Ini hampir merupakan ekspresi gaya hidup baru," kata Anne Laliron.
 
Penggunaan material kardus pernah diuji coba era Uni Soviet. Kala itu lahir mobil Trabant bermesin 2 langkah yang diproduksi di Jerman Timur.
 
Trabant menggunakan bodi kardus, namun tidak tahan air sehingga terbentuk lubang apabila terkena hujan deras. Padahal lapisan kardus mobil itu terbuat dari duroplast atau plastik yang diperkuat dengan limbah kapas daur ulang dari Uni Soviet.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif