Tips Knowledge

Pilih Mesin Bensin atau Diesel? Pertimbangkan Hal Ini

M. Bagus Rachmanto 12 Oktober 2018 12:09 WIB
tips knowledge
Pilih Mesin Bensin atau Diesel? Pertimbangkan Hal Ini
Mesin bensin dan mesin disel punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Roadfly
Jakarta: Mayoritas orang membeli kendaraan, kebanyakan didasarkan terhadap konsumsi bahan bakar minyak (bbm) per liter, harga komponen, kemudahan servis dan harga jual-belinya. Lalu kemudian muncul pertanyaan, jika menghitung biaya total, antara mobil bermesin diesel atau mesin bensin, murah yang mana?

Pertanyaan ini tentunya akan berlanjut pada detail harga mobil kemudian harga bahan bakarnya. Kemudian bisa dihitung berapa pengeluaran seseorang untuk bahan bakar, dibandingkan dengan harga pembeliannya. Artinya kita berbicara tentang biaya total yang harus dikeluarkan. Mungkin juga termasuk pengantian komponen.
 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Vincentric yang merupakan analis bidang industri otomotif dunia, bahwa itu tergantung dari model ke model. Namun jelas mereka mengakui bahwa harga mesin diesel ketimbang mesin bensin, memang lebih mahal. Tapi dalam hal biaya bahan bakar (harga per liternya), jelas harga solar lebih murah ketimbang harga bensin.

Masih berdasarkan analis dari Vincentric, bahwa untuk memiliki mobil bermesin diesel, ada biaya yang lebih mahal harus dikeluarkan konsumen untuk memilikinya. Namun konsumsi bbm yang lebih irit dan harga solar yang juga lebih murah, menjadikan kepemilikan jangka panjangnya sangat menggiurkan.

Sementara untuk kepemilikan mobil dengan konsumsi bensin, harga di awal memang lebih murah. Tapi harga bensin yang lebih mahal ketimbang solar dan konsumsinya yang lebih boros, membuat biaya saat penggunaan mobil itu lebih mahal.


Setelah dilakukan pengujian terhadap 35 mobil diesel berdasarkan dua kategori yaitu harga mobil dibandingkan dengan harga bahan bakar, hanya 11 mobil diesel yang benar-benar lebih murah ketimbang mobil bensin. Namun jika ditambah kategori konsumsi bahan bakar, hampir semua mobil diesel memiliki kemampuan ini.

Total persentase kendaraan diesel yang mampu menawarkan biaya paling murah berdasarkan tiga kategori di atas, sekitar 31 persen. Angka ini menurun, dari angka mobil diesel yang memenuhi target murah di tahun 2013, yaitu 46 persen. Mungkin juga karena banyak manufaktur yang menghilangkan versi diesel dan malah mengembangkan mesin hybrid.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id