Komponen Otomotif

Federal Oil Masih Riset Pelumas Khusus Biodiesel B20

Ekawan Raharja 02 November 2018 15:02 WIB
komponen otomotiffederal oil
Federal Oil Masih Riset Pelumas Khusus Biodiesel B20
Pelumas juga harus mendapatkan penyesuaian terkait penerapan B20. Suzuki
Jakarta: Pemerintah sekarang ini menetapkan 20 persen campuran nabati untuk bahan bakar solar dengan sebutan B20. Kondisi ini tentu harus disikapi oleh segala aspek kendaraan diesel, termasuk pelumasnya.

President Director PT Federal Karyatama (Federal Lubricant), Patrick Adhiatmadja, menjelaskan pelumas untuk mesin diesel industri sudah banyak digunakan oleh berbagai kebutuhan, mulai dari mesin kapal hingga kendaraan alat berat lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan mesin industri, Federal sudah memenuhi standar pelumas untuk B20.

"B20 adalah standar untuk mesin industri dan kami telah mempunyai pelumas kemasan drum yang sudah memenuhi kondisi B20," ujar Patrick di Daun Muda, Jakarta Selatan.

Dia menekankan untuk kendaraan penumpang, ada perbedaan dengan mesin untuk kebutuhan industri. Sedangkan pelumas untuk kendaraan diesel penumpang saat ini masih digodok.


"Tapi kami melihat agak kontradiktif teknologinya saat ini. Pelumas sudah tinggi tapi BBM-nya itu di set masih minim. Jadi pihak produsen pelumas seperti kami ini harus bekerja untuk memenuhi performa mesin di setiap rentang," lanjutnya.

Produsen pelumas dalam negeri ini akui hingga sekarang masih mencari formula terbaik. Sehingga nantinya pelumasnya ini benar-benar bisa melindungi mesin diesel berbahan bakar solar B20 dengan baik.
 



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id