NEWSTICKER
Foto airbag di Toyota Voltz usai meledak. Medcom.id
Foto airbag di Toyota Voltz usai meledak. Medcom.id

Peristiwa Unik

Airbag Meledak Tanpa Sebab, Bisa Jadi Konsleting

Otomotif toyota peristiwa unik
Ekawan Raharja • 07 Februari 2020 09:00

Jakarta: Airbag Toyota Voltz milik Ibob mengembang sendirinya tanpa ada sebab kecelakaan yang biasanya menjadi pemicu airbag bisa mengembang. Belum tahu apa penyebab airbag ini bisa mengembang sendirinya, namun diperkirakan karena konsleting sebagai pemicu utamanya.
 
Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menduga bisa saja mobil tertabrak dari belakang dengan kecepatan 17-21 kilometer per jam, dan kemudian bumper depan menyundul sehingga airbag kemudian mengembang. Hal ini didasarkan pada analisanya melihat foto secara sekilas dan retakan kaca depan.
 
"Kalau tidak ditabrak, bisa jadi malfungsi karena adanya konsleting," ucap Jusri kepada Medcom.id Kamis (6/2/2020) di Proving Ground Bridgestone Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengingat airbag yang mengembang ini adalah mobil bermerek Toyota, tim Medcom.id juga coba menanyakan hal ini kepada dealer Auto2000. Namun mereka tidak bisa memberikan jawaban karena membutuhkan investigasi terlebih dahulu. "Untuk mengetahui kenapa ini terjadi perlu kami investigasi lebih lanjut," ungkap Service Business Development Deparment Auto2000, Hairil Anwar, kepada Medcom.id diwaktu terpisah.
 
Airbag Meledak Tanpa Sebab, Bisa Jadi Konsleting
 
Kejadian meledaknya airbag Voltz milik Ibob ini berlangsung secara cepat pada Kamis (6/2/2020) Pukul 11.00 WIB di Depan Kantor Metro TV Jakarta Barat. Sang pemilik mengakui airbag mobilnya mengembang dan meledak usai mematikan mesin mobil yang rampung telah rampung diparkir.
 
"Kejadian jam 11 pagi, saya sudah sampai dan parkirkan mobil. Kemudian saya matikan mesin, dan kedua airbag meletus," cerita Ibob kepada Medcom.id.
 
Ibob berada di posisi pengemudi seketika terkejut, dan letusan airbag mengenai wajahnya serta merusak kacamatanya. "Airbag di samping saya dilihat tidak ada dan ternyata meledak sampai ke belakang dan keluar api. Sehingga jok belakang saya terbakar."
 
Efek lain letusan airbag ini membuat kaca depan mobilnya. Selain itu interior mobilnya juga sudah berhamburan berantakan, termasuk head unitnya terlepas dari dashboard.
 
"Kalau mobil saya sendiri memang beli bekas, dan dulu beli di importir umum. Kalau kondisinya normal, tidak ada riwayat modifikasi atau kecelakaan, semuanya standar," tegasnya.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif