Yamaha menerapkan teknologi permanent-magnet synchronous motor (PMSM), tak lain adalah menanamkan magnet permanen di rotor baja. Yamaha
Yamaha menerapkan teknologi permanent-magnet synchronous motor (PMSM), tak lain adalah menanamkan magnet permanen di rotor baja. Yamaha

Motor Listrik

Yamaha Kembangkan Motor Listrik Bertenaga 270 Daya Kuda

Otomotif mobil listrik motor listrik yamaha
Ekawan Raharja • 14 Februari 2020 07:55
Jepang: Yamaha sebagai produsen sepeda motor terus melakukan pengembangan komponen kendaraan listrik. Inovasi terbaru yang mereka perkenalkan adalah motor listrik untuk beraneka ragam jenis kendaraan bermotor dengan tenaga yang berlimpah.
 
Mereka baru saja memperkenalkan motor listrik dengan lontaran tenaga setara hingga 270 daya kuda. Tenaga melimpah yang ditawarkan tentu akan sangat cocok untuk berbagai jenis kendaraan, baik sepeda motor atau mobil sport.
 
Yamaha menerapkan teknologi permanent-magnet synchronous motor (PMSM), tak lain adalah menanamkan magnet permanen di rotor baja. Keunggulannya adalah mampu menciptakan medan magnet secara konstan, tentunya akan menghasilkan output tenaga cukup besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pabrikan otomotif asal Jepang ini kemudian membuktikan kemampuan inovasinya ini dengan menggunakan Alfa Romeo 4C. Motor listrik sendiri mampu menjadikan 4C berakselerasi cepat dan nyaris tanpa suara. Sayangnya pada kesempatan ini Yamaha tidak menjelaskan secara rinci soal paket baterai yang digunakan pada proyek ini.
 
Bila dirasa tenaga yang dilontarkan terlalu besar, terdapat pengaturan tenaga yang bisa diperkecil hingga 45 daya kuda. Tenaga ini tentu sangat cocok untuk penggunaan sepeda motor yang tidak membutuhkan lontaran tenaga yang beringas.
 
Dengan fleksibilitas ini, Yamaha mencoba untuk menembak target pasar dari dagangan barunya. Cocok bagi konsumen secara individu yang ingin melakukan modifikasi mobil atau motor konvensionalnya menjadi kendaraan listrik.
 
"Yamaha akan menyesuaikan prototipe dengan kebutuhan spesifik pelanggan individu dan memberikan dalam waktu singkat. Kami menggunakan teknologi produksi yang secara fleksibel disesuaikan dengan berbagai kelompok produknya, termasuk sepedamotor," jelas pihak Yamaha.
 
Tentu tidak menutup kemungkinan konsumen end-user memesan komponen ini untuk mengubah kendaraan konvensional mereka menjadi kendaraan listrik. Tetapi sayangnya Yamaha belum mengungkap berapa harga jualnya. Kira-kira berapa harga yang cocok untuk komponen ini?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif