Kini pembuatan SIM Internasional sudah bisa dilakukan secara online. Korlantas Polri
Kini pembuatan SIM Internasional sudah bisa dilakukan secara online. Korlantas Polri

SIM

Cara Bikin SIM Internasional Anti Ribet

Otomotif sim
Ekawan Raharja • 16 Juli 2020 09:20
Jakarta: Bagi yang suka melakukan touring di luar negeri, baik dengan mobil atau sepeda motor, harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) Internasional sebagai salah satu syaratnya. Pembuatan SIM Internasional ini pun juga tidak sulit, karena sekarang sudah bisa diurus secara online (daring).
 
Melalui keterangan resminya, Korlantas Polri kini membuat inovasi berupa pembuatan SIM Internasional dari rumah saja tanpa harus hadir di Satpas Korlantas Polri Jakarta. Pembuatan SIM Internasional dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu cukup mengakses https://siminternasional.korlantas.polri.go.id/ atau mengetik kata kunci SIM Internasional di browser gawai atau komputer.
 
"Terobosan baru ini juga turut mendukung program pemerintah dalam adaptasi kebiasaan baru yang meminimalisir pertemuan fisik tatap muka sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap mengutamakan keamanan sistem jaringan dan juga untuk mendukung forensik kepolisian," dikutip dari keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mengakses situs yang dituju, pemohon bisa melakukan registrasi online dengan melakukan pengisian data diri. Dokumen yang harus disiapkan untuk diunggah adalah foto SIM yang masih berlaku, foto KTP, foto Paspor, foto KITAP (khusus WNA), pas foto dengan warna latar belakang putih, dan foto tanda tangan.
 
Selanjutnya pemohon bisa memilih cara pengambilan SIM Internasional. Pengambilan dapat diambil di kantor pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman PT. Pos Indonesia atau Gojek.
 
Setelah semua terisi lengkap, konsumen akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional plus tarif jasa pengiriman. Berdasarkan PP No.60/2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku di Polri, biaya pembuatan SIM internasional baru Rp 250 ribu dan perpanjangan Rp 225 ribu.
 
Setelah melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM Internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik. Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data pemohon serta melakukan identifikasi data. Jika persyaratan lengkap dan sesuai, maka petugas akan melakukan pencetakan buku SIM Internasional dan kemudian melakukan pengiriman sesuai pilihan pemohon.
 
Jangan lupa juga, SIM Internasional ini hanya berlaku selama tiga tahun saja. Jadi perhatikan dengan baik masa berlakunya dan jangan lupa dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif