BMW Indonesia luncurkan Seri 3 versi touring untuk pasar Indonesia. BMW
BMW Indonesia luncurkan Seri 3 versi touring untuk pasar Indonesia. BMW

Mobil Baru

BMW Luncurkan Seri 3 Versi Touring

Otomotif mobil baru bmw
Ahmad Garuda • 17 April 2020 21:42
Jakarta: BMW Indonesia hari ini meluncurkan all-new BMW Seri 3 Touring untuk pasar Tanah Air. Ini adalah produk kedua yang mereka luncurkan dalam masa Work From Home (WFH) atau #DirumahAja setelah peluncuran Seri M5 beberapa waktu lalu. Apakah ini jadi strategi tersendiri bagi brand asal Jerman itu agar tetap hidup di pasar otomotif global?
 
"Kami senang sekali bisa kembali melakukan peluncuran all-new BMW 320i Touring M Sport secara virtual. Ini akan menjadi tipe 'Touring atau Station Wagon' yang pertama kali diluncurkan secara resmi di Indonesia. THE 3 Touring akan memperkuat segmen Seri 3 di segmen mid-sedan premium di Indonesia,” ujar Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania dalam sesi peluncuran yang berlangsung hari ini Jumat (17/4/2020).
 
Mobil dengan ruang kabin lebih besar ini punya desain dinamis, peningkatan kenikmatan berkendara yang signifikan, dan fungsionalitas kendaraan serba bisa. Generasi terbaru dari model lima pintu yang sporty ini gabungkan atribut inti dari versi Sedan dengan tata ruang interior lapang, prakstis dan fleksibel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain eksterior
Dimensi eksteriornya meningkat 76 mm, dibandingkan dengan pendahulunya, menjadi 4.709 mm, lebih lebar 16 mm menjadi 1.827 mm, dan penambahan tinggi 8 mm menjadi 1.470 mm. Jarak sumbu roda lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm dan tracks lebar berkontribusi pada pengendalian yang sporty dan lincah.
 
Di sisi kaki-kaki, mobi ini dibekali velg aloi-ringan 19" BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt dengan ban 225/40 R19 - 255/35 R19. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang, sementara kaliper yang dicat biru ini diembos dengan logo brand tersebut.
 
Interior
Untuk urusan teknologi dan fitur, tentu tidak jauh berbeda dengan versi sedannya. Namun yang jadi perhatian terbesarnya adalah desain bangku terbaru mampu tingkatkan kenyamanan selama perjalanan jarak jauh. Ruang bahu di bagian depan kabin diperbesar secara signifikan, dan kendaraan baru ini tawarkan ruang kepala lebih banyak dibandingkan pendahulunya.
 
Selain itu, kompartemen belakang berikan penumpang ruang kaki ekstra dan kemudahan masuk dan keluar yang lebih optimal - serta privasi dengan Roller-sunblind. Bangku belakang mengakomodasi tiga kursi anak, dua di antaranya dapat dipasang dengan titik-titik penghubung ISOFIX serta dilengkapi dengan sistem pendingin udara 3-zona otomatis. Terlebih lagi, Panoramic glass-roof juga meningkatkan rasa lapang bagi semua penumpang.
 
Pintu bagian belakang selain bisa dibuka tanpa menyentuhnya, jendela belakang juga dapat dibuka secara terpisah. Sebuah fitur yang biasa bagi yang biasa menggunakan mobil Eropa itu. Aperturnya lebih lebar 20 mm dibandingkan model sebelumnya. Memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah, berkat lebar kompartemen yang bertambah 112 mm, serta derajat buka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 mm lebih lebar di bagian atasnya.
 
Teknologi mesin
Mobil ini dilengkapi mesin generasi terbaru dari BMW TwinPower Turbo empat-silinder, dua-liter yang menghasilkan tenaga 184 hp dan torsi 300 Nm, sehingga dapat melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 7.5 detik. Dengan konsumsi bahan bakar 14.9 km/l dan emisi CO2 152 g/km, kendaraan ini memberikan performa terbaik dengan efisiensi tinggi.
 
Rigiditas bodinya meningkat sekitar 25 persen secara keseluruhan bahkan hingga 50 persen di beberapa bagian. Pemasangan sasis juga jauh lebih kuat dibandingkan dengan model pendahulunya. Plus, Versi terbaru memiliki pusat gravitasi rendah dan distribusi berat seimbang 50:50. Aerodinamika yang dioptimalkan membuat drag coefficientnya mencapai angka 0,27.
 
Suspensi BMW M Sport memiliki peredam yang dikontrol secara elektronik, dengan dua varian suspensi opsional, yang masing-masing terhubung dengan teknologi kemudi sport variabel, sehingga memastikan performa sporty dan kenyamanan berkendara pada level tertinggi.
 
Juga tersedia adalah Parking Assistant yang mampu melakukan akselerasi, pengereman, dan penggantian gigi melalui transmisi Steptronic saat berkendara masuk dan keluar dari tempat parkir, sehingga pengemudi hanya perlu siaga. Berbagai fungsinya juga termasuk reverse assistant, yang dengan mudah mengatur kendaraan mundur hingga 50 meter mengikuti jalur yang sama pada saat bergerak maju.
 
Ketersediaan dan harga.
Mobil ini akan tersedia dalam jumlah terbatas dan hanya melalui Official Store BMW di Tokopedia mulai hari ini sampai persediaan habis dengan harg Rp1.289.000.000,- off-the-road.
 
Rival
Untuk rivalitas, mobil ini akan berhadapan langsung dengan Mercedes-Benz C300 Estate dan Audi A4 45 TFSI Avant. Tinggal melihat bagaimana Anda lebih tertarik soal fitur dan kenyamanannya. Lantaran Mercedes-Benz C-Class Estate versi terbaruyang lebih dahulu eksis, tentu keduanya akan bersaing ketat di segmen ini. Sementara untuk versi Jepang ada Mazda6 Elite Estate yang tentu tampil dengan harga yang lebih murah.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif