Jakarta: Konsumen kini tidak hanya mencari kendaraan, tetapi juga personalisasi, gaya hidup, hingga ekosistem pendukungnya. Melihat peluang itu, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2026 menegaskan komitmennya menghadirkan ruang lebih luas bagi subsektor aksesoris dan aftermarket sebagai bagian penting dari pameran otomotif tahunan.
Pada penyelenggaraan tahun depan, IIMS memperluas area pameran menjadi 156.170 m², naik signifikan dari 133.547 m² pada edisi sebelumnya. Ekspansi ini membuat pengalaman pengunjung lebih terintegrasi.
Pembagian area juga dibuat lebih fokus: mobil akan menempati hingga Hall C3, motor hadir di Hall C1–C2, sedangkan Gambir Expo disiapkan khusus untuk brand aksesoris, aftermarket, dan UMKM lokal. Untuk pertama kalinya, Indonesia Boating Gathering (IBG) akan digelar di Gambir Expo dengan aktivitas outdoor di Danau Gambir.
IIMS 2026 juga menambah area ramah keluarga, seperti Kids Area untuk edukasi anak, serta perluasan zona FnB demi meningkatkan kenyamanan pengunjung.
Baca Juga:
Suzuki Access 125 Melantai di IMOS 2025
Grand Hall Jadi Pusat Aksesoris dan Aftermarket
Fokus subsektor aksesoris dan aftermarket menjadi prioritas utama. Grand Hall JIExpo disiapkan sebagai pusat kegiatan strategis, menjadi panggung inovasi brand sekaligus ajang memperluas jaringan bisnis.
“Selain menjadi pusat pameran bagi berbagai brand industri pendukung, Grand Hall dirancang untuk menjadi ruang interaktif yang hidup dan dinamis. Di sini, pengunjung tidak hanya dapat melihat produk dan inovasi terbaru, tetapi juga merasakan pengalaman langsung melalui berbagai aktivitas menarik, seperti Jakarta Custom Culture, yang menampilkan beragam kendaraan modifikasi, IIMS Trial Fest, yang menampilkan atraksi kendaraan roda empat dan roda dua melewati rintangan, serta Indoor Stage Area, yang digunakan untuk talk show dan acara interaktif lainnya,” ungkap Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, melalui keterangan resminya.
Daswar menambahkan program-program tersebut hadir untuk meningkatkan interaksi sekaligus mendorong pengunjung mengeksplorasi seluruh produk dan inovasi terbaru di Grand Hall.
Komitmen PAHAMI Perkuat Industri Pendukung
Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) kembali ambil peran besar di IIMS 2026. Dua highlight utama mereka tersebar di dua lokasi berbeda: PAHAMI Workshop sebagai area instalasi langsung produk aksesoris, dan PAHAMI Express yang menampilkan inovasi terbaru di Hall D dan Gedung Pusat Niaga (GPN).
Baca Juga:
Yamaha XMAX Connected TechMax Meluncur di IMOS 2025, Harga Rp75 Juta
Head of Communication PAHAMI, Albert Lim, menegaskan optimisme asosiasi dalam memperkuat subsektor ini.
“Harapan kami para pelaku aksesoris otomotif di Indonesia tidak hanya menjadi pendukung industri otomotif, tetapi juga bisa mengikuti perkembangan industri otomotif itu sendiri dengan cepat dan meningkat ke level yang lebih tinggi. Kehadiran PAHAMI Village di IIMS 2026 ini, kami harapkan dapat menjadi wadah untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar produk maupun antar merek dan bisa menunjukkan bahwa bersama kita bisa lebih baik lagi.”
Target Ambisius IIMS 2026
Dyandra Promosindo yakin subsektor aksesoris dan aftermarket mampu mendongkrak perekonomian nasional lewat konsumsi, penciptaan lapangan kerja, dan peluang usaha UMKM.
“Dengan pemanfaatan area baru Grand Hall, kami menargetkan lebih dari 579 ribu pengunjung, transaksi lebih dari 8 triliun rupiah, serta kehadiran lebih dari 180 exhibitor. Semua ini kami harapkan bisa memberikan panggung lebih luas dan optimal bagi industri otomotif, khususnya subsektor aksesoris & aftermarket, sekaligus memperkuat interaksi antara produsen, pelaku usaha, dan pengunjung,” ujar Project Manager IIMS 2026, Rudi MF.
Jakarta: Konsumen kini tidak hanya mencari kendaraan, tetapi juga personalisasi, gaya hidup, hingga ekosistem pendukungnya. Melihat peluang itu, Indonesia International Motor Show (
IIMS) 2026 menegaskan komitmennya menghadirkan ruang lebih luas bagi subsektor aksesoris dan aftermarket sebagai bagian penting dari
pameran otomotif tahunan.
Pada penyelenggaraan tahun depan, IIMS memperluas area pameran menjadi 156.170 m², naik signifikan dari 133.547 m² pada edisi sebelumnya. Ekspansi ini membuat pengalaman pengunjung lebih terintegrasi.
Pembagian area juga dibuat lebih fokus: mobil akan menempati hingga Hall C3, motor hadir di Hall C1–C2, sedangkan Gambir Expo disiapkan khusus untuk brand aksesoris, aftermarket, dan UMKM lokal. Untuk pertama kalinya, Indonesia Boating Gathering (IBG) akan digelar di Gambir Expo dengan aktivitas outdoor di Danau Gambir.
IIMS 2026 juga menambah area ramah keluarga, seperti Kids Area untuk edukasi anak, serta perluasan zona FnB demi meningkatkan kenyamanan pengunjung.
Grand Hall Jadi Pusat Aksesoris dan Aftermarket
Fokus subsektor aksesoris dan aftermarket menjadi prioritas utama. Grand Hall JIExpo disiapkan sebagai pusat kegiatan strategis, menjadi panggung inovasi brand sekaligus ajang memperluas jaringan bisnis.
“Selain menjadi pusat pameran bagi berbagai brand industri pendukung, Grand Hall dirancang untuk menjadi ruang interaktif yang hidup dan dinamis. Di sini, pengunjung tidak hanya dapat melihat produk dan inovasi terbaru, tetapi juga merasakan pengalaman langsung melalui berbagai aktivitas menarik, seperti Jakarta Custom Culture, yang menampilkan beragam kendaraan modifikasi, IIMS Trial Fest, yang menampilkan atraksi kendaraan roda empat dan roda dua melewati rintangan, serta Indoor Stage Area, yang digunakan untuk talk show dan acara interaktif lainnya,” ungkap Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, melalui keterangan resminya.
Daswar menambahkan program-program tersebut hadir untuk meningkatkan interaksi sekaligus mendorong pengunjung mengeksplorasi seluruh produk dan inovasi terbaru di Grand Hall.
Komitmen PAHAMI Perkuat Industri Pendukung
Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) kembali ambil peran besar di IIMS 2026. Dua highlight utama mereka tersebar di dua lokasi berbeda: PAHAMI Workshop sebagai area instalasi langsung produk aksesoris, dan PAHAMI Express yang menampilkan inovasi terbaru di Hall D dan Gedung Pusat Niaga (GPN).
Head of Communication PAHAMI, Albert Lim, menegaskan optimisme asosiasi dalam memperkuat subsektor ini.
“Harapan kami para pelaku aksesoris otomotif di Indonesia tidak hanya menjadi pendukung industri otomotif, tetapi juga bisa mengikuti perkembangan industri otomotif itu sendiri dengan cepat dan meningkat ke level yang lebih tinggi. Kehadiran PAHAMI Village di IIMS 2026 ini, kami harapkan dapat menjadi wadah untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar produk maupun antar merek dan bisa menunjukkan bahwa bersama kita bisa lebih baik lagi.”
Target Ambisius IIMS 2026
Dyandra Promosindo yakin subsektor aksesoris dan aftermarket mampu mendongkrak perekonomian nasional lewat konsumsi, penciptaan lapangan kerja, dan peluang usaha UMKM.
“Dengan pemanfaatan area baru Grand Hall, kami menargetkan lebih dari 579 ribu pengunjung, transaksi lebih dari 8 triliun rupiah, serta kehadiran lebih dari 180 exhibitor. Semua ini kami harapkan bisa memberikan panggung lebih luas dan optimal bagi industri otomotif, khususnya subsektor aksesoris & aftermarket, sekaligus memperkuat interaksi antara produsen, pelaku usaha, dan pengunjung,” ujar Project Manager IIMS 2026, Rudi MF.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)