Lexus IS akan menggunakan mesin enam silinder milik BMW. MI/Ramdani
Lexus IS akan menggunakan mesin enam silinder milik BMW. MI/Ramdani

Mobil Baru

Setelah Toyota, Giliran Lexus Gunakan Mesin BMW

Otomotif toyota mobil baru bmw lexus
Ekawan Raharja • 24 Februari 2019 09:05
Jepang: Kerja sama antara Toyota dan BMW tampaknya akan terus berlanjut untuk beberapa waktu ke depan. Nantinya anak usaha Toyota, Lexus, memilih juga untuk menggunakan mesin hasil racikan Toyota dan BMW.
 
Lexus memang sedang berencana menghadirkan model terbaru yakni IS. Kemungkinan besar mereka juga akan menyuntikan mesin BMW seperti yang dilakukan Toyota untuk generasi terbaru Supra.
 
Dikutip dari Autoevolution, IS terbaru akan mendapatkan sejumlah pilihan mesin untuk disematkan. Mulai dari 2.000 cc turbo, 2.400 cc turbo, 2.500 hybrid, dan mesin 3.000 cc twin-turbo milik BMW.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lexus memang terkenal untuk urusan mengganti mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, seperti 2.000 cc 6-inline namun dilengkapi dengan teknologi turbo. Dengan mesin kecil begitu, Lexus juga dikabarkan akan menghadirkan IS dengan bobot yang lebih ringan namun tetap menghadirkan tenaga yang kuat.
 
Kabar lainnya juga menyebut jarak sumbu IS akan lebih panjang 40 milimeter. Hal ini seperti menjadi angin segar sebab kabin bisa saja lebih lega dan membuat penumpang di dalamnya lebih nyaman untuk beraktivitas.
 
Toyota Group dan BMW sebelumnya sudah memulai kerja sama untuk menghadirkan generasi terbaru Supra yang sudah diperkenalkan di North American International Auto Show 2019.
 
Sportcar ini mencangkok sasis BMW Z4 dengan didukung dapur pacu V6 turbocharged dengan 335 tenaga kuda serta transmisi delapan kecepatan dengan paddle shifter juga diadopasi dari BMW.
 
Sedangkan BMW memanfaatkan kerjasama ini untuk menghadirkan generasi terbaru Z4. Jika Toyota mendapatkan jatah memproduksi sportcar dengan atap tertutup, maka BMW memiliki jatah memproduksi sportcar convertible.
 
Pabrikan asal Jerman ini berkolaborasi untuk urusan desain, khususnya bagian kap mesin. Desainnya menonjolkan garis yang tegas, dan kemudian mengarah ke dua lubang angin untuk membantu mendinginkan mesin.
 
Kini dengan rencana Lexus mencangkok mesin BMW, jelas menambah panjang daftar portofolio kedua pabrikan beda benua tersebut. Kira-kira kapan generasi IS terbaru akan diluncurkan? Tentu saja kemungkinan besar IS terbaru juga akan muncul di Indonesia, mengingat Lexus Indonesia cukup rajin menghadirkan beragam produk terbaru mereka ke Indonesia.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif