Tren penjualan mobil bekas di ramadan meningkat signifikan. Dok Medcom
Tren penjualan mobil bekas di ramadan meningkat signifikan. Dok Medcom

Jelang Musim Mudik, Permintaan Mobil Bekas 'Signifikansip'

Otomotif mobil bekas
Ahmad Garuda • 16 Mei 2019 10:10
Jakarta: Membeli mobil baru untuk digunakan mudik atau pulang kampung, memang akan sangat menyenangkan. Namun untuk membeli sekarang dan berharap bisa menggunakannnya di musim mudik nanti, rasanya akan sia-sia. Mobil baru membutuhkan waktu penerbitan surat resmi kendaraan dan juga plat nomor, yang cukup lama.
 
Kalau sudah begini, tentu Anda wajib mencari solusi lain agar bisa mendapatkan kendaraan yang lebih pas digunakan saat mudik nanti. Salah satu caranya adalah dengan menebus mobil bekas atau used-car.
 
Apalagi dari beberapa hasil studi dan riset marketplace khusus otomotif di Indonesia, ritual mudik lebaran yang dilakukan masyarakat di Indonesia, berdampak terhadap penjualan mobil bekas. Bahkan tingginya permintaan akan kendaraan bermotor, khususnya mobil bekas sebagian besar alasannya untuk kebutuhan mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti catatan data dari OLX (situs iklan baris Indonesia) mencatat, setidaknya ada kenaikan 9,3 persen atau setara dengan hampir 250,000 calon pembeli mobil bekas, di situs iklan baris online ini. Bahkan calon pembeli yang serius mengontak langsung penjual naik 13,1 persen atau hampir 750.000 orang. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan sebelum ramadan.
 
Menurut Head of Automotive Category OLX Indonesia, Ivo Wassenaar, jumlah pencarian mobil bekas di OLX mengalami kenaikan karena adanya kebutuhan kendaraan untuk mudik lebaran.
 
“Banyak masyarakat yang memanfaatkan OLX untuk mencari mobil bekas yang akan digunakan untuk mudik,” ujar Ivo. “Peningkatan jumlah calon pembeli ini tidak hanya terjadi di awal bulan Ramadan saja, tetapi akan terus meningkat hingga jelang Lebaran nanti.”
 
Adapun model mobil bekas yang banyak dicari untuk mudik lebaran masih di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). OLX masih terus memantau tren pencarian mobil jelang Lebaran ini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif