Mesin hidrogen yang dikembangkan oleh Toyota. Toyota
Mesin hidrogen yang dikembangkan oleh Toyota. Toyota

Teknologi Otomotif

Saling Berbagi, Kawasaki Gandeng Toyota Bikin Projek Hybrid

Ekawan Raharja • 27 September 2022 16:00
Jakarta: Kawasaki Motors Corp jalin kerjasama dengan Toyota Motor Corp untuk pengembangan teknologi hybrid. Kedua pabrikan asal Jepang ini diharapkan bisa saling mendapatkan sejumlah data-data mengenai hybrid,dan pengembangan mesin hidrogen untuk kendaraan bermotor.
 
Kesepakatan terjadi awal bulan ini ketika Presiden Toyota, Akio Toyoda, mengendarai Kawasaki ATV hidrogen di sirkuit Mobility Resort Motegi. Mesin hidrogen yang dipasang sebetulnya untuk sepeda motor dan telah dikembangkan oleh Kawasaki Motors Corp -anak perusahaan Kawasaki Heavy Industries Ltd yang bertanggung jawab atas divisi sepeda motor. 
 
"Harus ada berbagai pilihan untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Saya berharap pemerintah akan mendukung output dengan inovasi teknologi seperti ini, dari pada menghentikan kita dengan regulasi,” kata Toyoda.
 
Kedua merek ini diketahui memiliki fokus terhadap teknologi hybrid dalam beberapa tahun ke belakang. Toyota cukup serius dengan pengembangan alternatif masa depan yang berkelanjutan untuk ICE, termasuk teknologi hibrida dan listrik. Kawasaki menonjol dari para pesaingnya karena berinvestasi dalam teknologi hidrogen.
 
Pihak produsen sepeda motor asal Jepang ini telah menekankan komitmennya dengan bergabung dengan Toyota untuk mengumpulkan sumber daya dan pengembangan mesin hidrogen untuk sepeda motor masa depan. Terlebih raksasa produsen mobil tersebut telah berada pada tahap inovasi yang lebih maju di bidang hidrogen, khususnya 30 tahun pengalaman.
 
Pengalamannya ini dibuktikan dengan Toyota Mirai. Mobil sel bahan bakar hidrogen khusus pertama di dunia yang tersedia secara komersial, di mana lebih dari 2.600 unit terjual secara global.
 
Kemudiam produsen motor yang identik dengan warna hijau ini memiliki mesin hidrogen hasil modifikasi Ninja H2. Perusahaan telah memasang unitnya di kendaraan roda empat yang dijual oleh produsen sepeda motor di Amerika Utara dan pasar lainnya.
 
Kawasaki mengatakan perusahaannya bergabung dengan proyek tersebut setelah didorong oleh Akio Toyoda untuk bekerja sama di luar batas sepeda motor dan mobil. Proses desain dimulai dengan sungguh-sungguh pada Desember 2022.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif