INKA E-Inobus. INKA
INKA E-Inobus. INKA

INKA Uji Coba Bus Listrik, Bersaing dengan Bus asal Tiongkok

Otomotif Bus Listrik inka christie Kendaraan Komersial
Ekawan Raharja • 07 Januari 2021 18:07
Jakarta: Sejumlah merek asal Tiongkok, seperti Skywell dan Higer, sedang getol melakukan uji coba terhadap bus listrik sebelum resmi ditawarkan kepada PT TransJakarta. Tetapi selain mereka, ada juga PT INKA (Persero) yang juga mulai bermain di segmen bus listrik dan kini sudah mulai memasuki tahapan uji coba.
 
INKA sendiri selama ini dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi kereta api. Namun perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman membuat mereka berinovasi dalam menghadirkan produk baru berupa bus listrik yang diberi nama E-Inobus.
 
SM Pengembangan Produk dan Teknologi PT INKA (Persero) Febry Pandu Wijaya, menjelaskan bus listrik E-Inobus kembali melakukan uji operasional. Kali ini pengujian dilakukan di Jakarta dengan melibatkan pihak Transjakarta. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui performansi baterai, motor dan sebagainya pada rute operasional TransJakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini INKA sedang menawarkan E-Inobus ukuran 8-meter ke TransJakarta, dimana Transjakarta mensyaratkan pengujian bus selama kurang lebih 3 bulan pada rute operasional mereka. Jadwal pengujian tentatif dimulai pada 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021. Adapun pra-pengujiannya dilakukan selama 2 minggu dan kemudian dilanjutkan dengan uji operasional selama 3 bulan," ujar ujar Febry.
 
Produk ini merupakan kerjasama PT INKA (Persero) dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drive train dan baterai bus, serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik. Secara ukuran, jelas mereka lebih compact dibandingkan dengan bus yang ditawarkan oleh Skywell dengan panjang mencapai hampir 12 meter.
 
Waktu yang diperlukan dalam pengisian daya sampai penuh diperlukan waktu 3-4 jam. Tingkat kebisingan pada bus listrik jauh lebih baik sebesar 71 dB, jika senyap dibandingkan dengan bus diesel sebesar 85 dB.
 
Performa E-Inobus
 
a.Kecepatan maksimal : 90 km/h
 
b.Maks gradeability : 14%
 
c.Pengisian daya : 3-4 jam
 
d.Jarak tempuh sekali charging : 200 km
 
e.Kebisingan rata-rata : 71 dB
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif